Obyek Wisata

Pulau Serangan

Hanya sekitar 15 km sebelah timur Kota Denpasar ada sebuah pulau yang bernama Pulau Serangan. Di pulau ini terdapat sebuah pura, Pura Sakenan. Dahulu, untuk sembahyang kesana, orang-orang Bali menggunakan bantuan jukung (perhau kecil). Namun pada sekitar 3-4 yahun yang lalu terjadi perubahan yang sangat besar.

Pulau Serangan

Pulau Serangan saat ini dari hasil capture google eart. bagian berwarna hijau adalah ‘bentuk’ asli P. Serangan. Sementara bagian berwarna putih dan bagian bawah adalah hasil reklamasi mangkrak.

Pulau itu rencananya bakal dijadikan pusat pariwisata dengan segala fasilitas yang megah. Semacem pulau impian. Langkah pertama yang telah diambil adalah menghubungkan Pulau Serangan dengan Bali dengan cara membuat sebuah jalan besar! Gila bener, entar berapa juta meter kubik batu kapur yang dipake untuk’memotong lau’ tersebut.

Tindakan kedua lebih edan lagi, Pulau tersebut diperluas hampir 3 kali lipatnya dengan cara yang sama, mengubur laut! Malang tak dapat ditolak. Proyek yang konon milik keluarga Cendana tersebut terhenti karena sebab yang tidak jelas.

Sekarang yang tersisa cuman hamparan gurun kapur. Sejauh mata memandang hanya warna putih. Sungguh sayang, Pulau yang begitu indah menjadi seperti sekarang ini.

Tentang Penulis

cute girl with excelent english. menulis beberapa entry “Bali Explorer” yg sebagian merupakan terjemahan dari bahasa italy dan bahasa somalia.. no.. no.. kiddin’ guys… tentu aja bahasa inggris. skarang dah retired dengan status mommy for one cute litle boy

  • nina harliyanti

    Subhanallah. Allah Maha Kaya. Semoga kekayaan dan keindahan Pulau Serangan tetap 4JJI perihara..

  • buduh

    MANA GAMBARNYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • its me

    udah HAncur sekarang gara gara pembangunan yang g bertanggung jawab serangan tinggal kenangan tapi klo ada yang mo nyari kafe remang remang bole maen kesana coz waitressnya ble diajak lho he..he..

  • anna

    walah….pengen liat gambarnya lho!

  • wiiiewiiieeedH

    Gila pantai serangan bener2 bagus bangged,

    Beneerr2 masih asri bangged pantainya and pantainya aja masih bersih abiz coz blm banyak banget orang yg berkunjung kesana jadi masih alami bgd,

    tapi sayang paannnaaaasss bangged coz ga ada pohon bwat neduh,tapi sich ada warung2 gitu bwat neduh…

    Tapi pokoknya tuch pantai masih bagus bangged…

    Menurut g pantai sanur sama serangan masih bagusan pantai serangan…..itu menurut g loh…

    Gambarnya yg bagus yach….

  • http://pondokiklan.com BALICENTER

    Gile nie pulau keren bgt jack …..

    ada kenangan terindah yg pernah ku alami di sana…

  • Bli Bagus

    Sedikit tambahan… pulau Serangan juga merupakan habitat dan tempat pengembang biakan penyu laut yang kini mulai mengalami kepunahan.

  • vadma

    bali adalah pulau yang terindah yg saya pernah kunjungi.aku takut akan kerakusan kel.cendana pulau bali jd hancur??smoga penunggu Bali tidak tinggal diam.

  • Lea Azman

    Sayangnya saya belum pernah lihat keindahan Pulau Serangan,tapi kalau keindahannya sudah dikotori dengan banyaknya pembangunan-pembangunan,sepertinya bukan malah menambah keindahannya semakin natural,tapi malah semakin hancur…pulau impian…?yang asli aja dee dipertahankan…

  • Putri

    memang sih proyek ini memberikan pengaruh pada dimensi fisik lingkungan. namun lihatlah pada dimensi lainnya. misalkan saja pada keruangannya. weitzz, jangan melihat pada ruang kosong yang mangkraknya saja. memang benar itu menjadi lahan kosong yang tidak berguna, tapi lihatlah ruang pemukimannya. kondisinya lebih tertata dari pada sebelum reklamasi. jalan pun mengalami kemajuan. beberaa ruas jalan kini sudah berkonstruksi aspal. kembali melihat ke dimensi lainnya. misalnya saja perkembangan penduduknya. dengan ada jalan yang mempermudah kekota, tentu saja menyebabkan perkembangan pulau ini semakin baik. Menurut saya kaum yang paling merasakan pengaruh reklamasi ini adalah kaum nelayan pinggiran. nelayan pinggiran ini tempat bekerjanya telah ditimbun. jadi biota hasil tangkapannya pun berkurang. selain itu penambang (nelayan yang mengantarkan dengan jukung), juga terkena dampaknya. mereka tidak bisa lagi memperoleh penghasilan dari mengantarkan orang menyebrang pulau. tapi hal ini sudah diantisipasi dengan memberikan mata pencaharian baru sebagai penarik tiket masuk. FYI, ketika kita akan melalui jembatan yang menghubungkan Pulau Serangan dengan Pulau Bali, kita akan ditarik uang masuk. Hasil dari ini juga dibagi tiga lagi. saya lupa tiga apa dua. yang pasti untuk investor dan penambang tersebut. saya lupa pihak desa dapat atau tidak. yahhh sebenarnya masih banyak lagi pengaruh dari reklamasi ini.
    menurut saya untuk pantai yang tertata baik adalah utara hingga ke barat. pantai timurnya masih asri namun tidak tertata.
    ini pendapat saya pribadi: reklamasi tidak hanya memberikan dampak yang negatif saja. tapi juga memberikan dampak positif.

  • Asn

    putri> thanks atas info nya. sangat berguna buat kita :)

  • iwannnnn

    gue pngen balik k kampung gue nich..
    kngen sama ne2k n kluarga gue….
    bali oh bali tercinta…..

  • http://www.culturebalinese.blogspot.com darmayoga

    saya melihat situs anda sangat bagus ,dan saya merasa sangat kagum dengan web dan info yang anda publikasikan…..saya mau minta izin supaya url saya di link kan di situs anda….terima kasih.

  • Marta

    Wah bagi aku Pulau Serangan hari gini ama 5 tahun yang lalu, kayaknya nggak ada yang berubah tu yang berubah hanyalah lahan dan pencarian utk nelayan kecil aja yang amat sulit sekarang dibanding lima tahun lalu.
    semenjak Pulau Serangan diperlebar (ditimbun) hampir sama luasnya dengan Pulau yang asli. Tapi sayang juga banyak penduduk asli yang nggak bisa Mensertifikatkan tanah timbunannya yang udah dihuni puluhan tahun. itu mungkin dikarenakan masih berbenturan dengan Dinas Kehutanan kali ! Ini baru kata mungkin

  • sato

    Serangan adalah pulau kecil dmn gw pertama kali menghembuskan nafas,nangis,seneng n banyak lagi kenangan indah tntang gw n orang” yg gw sayang…
    Serangan adalah tmpat pertama kali gw ngebuka mata….
    n gw harep mata gw bkalan tertutup di pulau ini jg….
    Semoga ga ada lagi orang yg pengen ngerusak tmpat asal gw….
    n gw harep smoaga msh bnyak orang lagi yg maw ngejaga n ngelestari’in pulau serangan ini…

  • dosma

    oh jdi ini ya……………pulau bali

  • tiXa

    waCh bAly eMng bGuz bGd,,

  • ima

    dulu aku pernah tinggal di Bali,tapi setahun gak cukup buat kelilig Bali… Jadi inget pantai serangan…dekeeet bgt dr rmh aku… cuma 5 menit naik motor…. hiks..hiks…kangen Bali…

  • Lolit

    Daripada positifnya banyak negatifnya pulau serangan direklamasi salah satu contohnya adalah hancurnya biota laut,orang yg lahir dan hidup di serangan akan mengerti itu…aku merindukan mu pulau serangan….

  • Yeye

    woww bro… beruntung banget gw ketemu web ini. sangat bantu gw siapin rencana honemun kedua setelah 9 bln menikah..
    yg rencananya ga kepikiran ke pulau ini, akhirnya jd masuk daftar spy ga penasaran.

    thanks y guys.. great web!

  • ria

    pulau yangsangt bagussss,n saya bangga mnjadi pnduduk bali,,,,

  • penyu

    waaahh pulau yang sangat indah tiada tandingannya, kalau pulang jangan lupa beli olehh mmmmmmm

  • Parka Tsunami

    yang perlu dikerjakan sekarang adalah bagaimana menjaga habitat flora & fauna yang sudah ada di Serangan, terumbu karang, hutan bakau, agar tetap lestari, masyarakat nya masih bisa memanfaatkan secara arif, pemerintah dan pengusaha lebih bijak mengelolanya… plus perlu adanya TEWS (Tsunami Early Warning System)& Hazard Map… karena daerahnya sangat beresiko…. semoga selalu aman & damai…..