Obyek Wisata

Kedisan

Kedisan merupakan daerah nelayan dan pertanian, dimana komunitasnya hampir berada langsung di bawah Penelokan ( 3 km ). Memiliki kios makanan, pasar, perkebunan yang luas ( jeruk, jagung, kacang ), toko souvenir, terminal bemo, tempat parkir luas, pelayanan tiket, pelabuhan kapal. Udaranya sangat sejuk dan menyenangkan. Sedikit nyamuk tapi pada terbang ke daerah perkebunan. Tidak ada saluran telepon dan mesin fax. Ada nomor akomodasi, beberapa disetting secara atraktif hanya satu menit dari air.

Ini adalah tempat terbaik untuk menetap jika anda berencana untuk menyebrangi danau dengan boat. Danaunya bersih dan bagus untuk dipakai berenang. Kadang sedikit bising oleh suara lolongan anjing di malam hari dan suara ayam jantan di pagi hari. Parkirlah selalu kendaraan anda di dalam lingkungan hotel, pasti akan aman. Restoran merupakan tempat pertemuan yang mengasyikan.
Di daerah Buahan, 2 km dari Kedisan di tepi barat danau, terdapat 7 ruangan Homestay Buahan yang bagus, bersih, ramah dan sunyi. Jalan aspal dari Kedisan menuju Buahan dan Abang sangat panjang, daratan luas diantara danau, perkebunan dan pegunungan. Abang sekitar 6 km dari kedisan dan2 km sebelum Trunyan. Jalan kaki dari Kedisan ke Abang dan balik lagi memakan waktu kira-kira 2,5 sampai 3 jam.

Desa kecil Abang memiliki pasar primitif dan beberapa toko yang menjual minuman dingin. Setiap pagi sederatan wanita desa menuruni lereng gunung membawa kentang dan sayuran untuk ditukar dengan ikan dari danau.

Setelah anda mengunjungi Trunyan, lanjutkan ke Abang dan bernegosiasi untuk mendapatkan kano atau boat kembali ke Kedisan atau menyebrangi Toya Bungkah. Dari Toya Bungkah, kira-kira 7 km menyusuri terasiring kembali ke Kedisan.

Bisa juga dengan menaiki trail dari Abang ke pinggir kawah yang tempatnya sangat curam, tapi cukup mudah untuk diatasi, sekitar 2 km dari Abang melalui jalan raya dari Besakih.

Dari sini, teruskan ke jalan raya Denpasar-Kintamani, perjalanan yang indah di atas danau. Satu jam perjalanan dari Segara Hotel menuju jalan setapak ke pegunungan, kemudian beberapa jam lagi ke jalan raya Denpasar-Kintamani. Mintalah keterangan pada pemandu di Abang atau Kedisan Hotel.

Untuk wisata danau beli tiket dengan harga yang normal di pelayanan tiket Kedisan, dekat dengan pelabuhan kapal. Semuanay ada 82 kapal. Dua jam tur untuk max 7 orang menuju Trunyan, mata air panas dan kembali ke Kedisan

Akan lebih mudah jika anda pergi ke trunyan dan kembali ( 20 menit perjalanan ). Kapalnya hanya 500 m dari pengionapan Segara. Jika anda suka keramaian, hari Minggu adalah hari yang tepat. Hati-hati dengan orang yang mencoba menjual tiket dengan harga yang lebih mahal.

Menjalankan kano sendiri bukanlah pilihan yang baik, meskipun lebih murah, namun anda harus siap untuk mengayuh kano sepanjang menyebrangi air yang mungkin saja oleng ketika angin brtiup. Jangan coba mengayuh kano untuk nyebrang meskipun anda cukup kuat. Tidak jadi masalah jenis boat yang anda gunakan, namun perlu diingat pakailah jeans untuk melindungi anda dari kebekuan.

Masih ada alternatif lain untuk menyebrangi Trunyan selain boat. Naiklah bemo atau motor anda dari Penelokan ke buahan. Teruskan dengan jalan kaki kira-kira satu jam ( 7 km ) sepanjang tepi danau memasuki jalan setapak menuju Trunyan. Jika mengambil jalan dari utara Kedisan ke toya Mampeh akan lebih jauh, melewati Songan lalu balik lagi ke Kedisan via Toya Bungkah.

Tentang Penulis

kru tetap tdb. lulusan D1 teknik informatika yg cinta bali *halah di dalam organisasi tdb, asn merangkap bbrp jabatan sekaligus diantaranya founder, owner, manager, supervisor, employer, secretary, data entry, operator, web designer, web programmer, online marketing, satpam, office boy, tukang parkir, segala aya dah…

  • http://yahoo.com simon

    tolong kirimkan harga hotel deluxe

  • Edna

    kamu ada gambar atau nombor telefon Buahan Homestay? thank you.