Obyek Wisata

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu merupakan pura subak yaitu pura yang disungsung oleh para petani. Dibangun oleh raja Mengwi pada tahun 1633, kompleks pura ini mempunyai arsitektur campuran Hindu dan Budha. Ditandai oleh stupa Budha di sebelah kiri dan saat melewati pintu masuk kamu akan langsung berada di bagian utama Pura Teratai Bang.

Bagian pura ini didominasi oleh banguan’mer’ bertingkat tujuh. Kemudian ada pura yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat pemujaan dewa makanan dan minuman yang disebut Pura Dalem Purwa.

Pura-pura ini berada dalam satu komplek dan saat air danau pasang, pura ini akan tenggelam dikit, alias tegenang air. (Masih ingat Danau Bratan kan?) Kemudian ada Pura Ulun Danu Bratan yang merupakan pusat irigasi Bali. Pura ini ditandai dengan adanya meru tingkat 11 buat pemujaan Wisnu, meru tingkat 7 buat Brahma dan meru tingkat 3 untuk Siwa. Dan masyarakat yang datang bersembahyang adalah untuk memuja Dewi Danu yaitu dewi air. Semoga pulau ini jauh dari bahaya kekeringan dan semoga orang sadar bahwa hutan lindung itu lebig bagus dibiarin dari pada ditebang dan dibangun hotel.

Tentang Penulis

konsultan, article contributor, trouble maker, apple fan boy. temen sekelas asn dari jaman smp yg juga seorang internet master, linux expert, techno en movie freak. saat ini menjabat sebagai GM sebuah ISP di Jakarta. side job nya adalah kolektor film HD segala macam genre yang selalu up-to-date

3 comments on “Pura Ulun Danu Beratan

  1. Ia, semoga hutannya lestari.
    Sangat disayangkan, para pejabat tidak punya hati nurani yang jernih. Mereka tidak memikirkan kelestarian hutan. Lihat saja hutan sampai di kaki bukit digunduli dan dibanguni. Bukit mebunga dibanguni hotel. Sungguh orang yang tidak mengerti keindahan. Air danau Buyan sampai turun sebegitu banyaknya. Seakan-akan apa yang mereka makan selama ini tidak berasal dari bumi.

    Tapi baru-baru ini saya dengar pemkab Buleleng mengadakan penghijauan. Semoga perbuatan baik mereka mendapatkan pahala. Dan semoga hutan bisa dikembalikan lagi. Air danau kembali normal lagi. Dan subak di daerah desa-desa dibawahnya tidak lagi kekurangan air. Agar mereka tidak merasa sia-sia menyungsung Pura ulun danu. Baik yang di Baratan, Buyan, dan Tamblingan.

  2. pulau bali memeng bagus,, aku sering liburan ke bali tapi tiap kali aku diterangin silsilah nama anak bingung, kalo anak ke 4 dari 4 bersaudara laki-laki dari bangsa brahmana, kalo diambil dari nama bali apa?????????????????

  3. Pingback: Bedugul | Tour de Bali – Artikel Wisata dan Galeri Foto Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *