Puri Anyar

Masih ingat Kerambitan kan? Nah salah satu tempat yang nggak boleh kamu lewati kalo kesana adalah Puri Anyar ini.

Puri (istana kecil) Anyar (baru) merupakan kediaman Anak Agung Ngurah Oka Silagunadha atau’Pak Ok’ dan Anak Agung Rai Giri Gunadhi atau’Pak Ra’. Beliau berdua adalah saudara kembar identik dan merupakan cucu dari raja terakhir puri. Pak Oka ini merupakan kepala keluarga puri karena beliau lahir berapa menit duluan dari Pak Rai.

Tanyakan kepada beliau siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Tentunya beliau tidak akan mengingat nama gue, karena yaaa memang gue belum pernah kesana. Eerrrr..anyway, beliau akan menunjukkan sudut’selebrit’ dari ruang tamu puri. Disana terpajang foto King Hussein, Prince Bartiel of Sweden, Kurt Waldheim, Mick Jagger, David Bowie dan seorang penari kabuki terkenal. Sekali lagi nggak usah kamu cari foto gue disana karena si asn ydah membelinya dan melelangnya di situs ini. Continue reading Puri Anyar

Taman Budaya Art Centre

Kalo di Jakarta, mungkin ada TMII yang ngegelar kebudayaan dan seni dari semua propinsi di Indonesia. Di Bali juga ada pusat kesenian seperti itu yang tentunya nggak nunjukin seni seluruh Indonesia, bisa dibilang Taman Werdi Budaya ini adalah TMII-nya Bali.

Di Art Center atau Taman Werdi budaya ini kamu bisa ngeliat segala pameran kerajinan Bali. Mulai dari patung, ukiran, lukisan ampe kain-kain dan perhiasan pernak-pernik khas Bali. Selain itu, kamu juga bisa nonton berbagai pagelaran budaya macam kecak, tarian-tarian Bali, dan sendratari yang digelar ampir tiap malam. Tinggal kamu nyocokin aja jadwal, tempat dan lokasinya

Apalagi kalo kamu dateng ke bali kira-kira pertengahan Juni, kamu bakalan ngeliat Pesta Kesenian Bali (PKB). Dimana acara ini dipusatin di Art Centre dan berlangsung selama sebulan penuh. Saat itu, kamu bakalan ngeliat lebih lengkap segala acara kesenian dari seluruh kabupaten se-Bali dan segala macem pameran kerajinan tangan.

Beberapa tahun lalu, panggung terbuka nya juga sering dijadikan arena konser band lokal dan nasional. Terhitung gw pernah nonton Padi, Dewa, KLA Project, dll disini

Going to Nusa Lembongan

Hallo semuanya !! Selamat bejumpa lagi dengan Mr. Soe !! Di taon 2002 ini, aku mau bagi pengalamanku pada kamu-kamu semua tentang petualanganku ke Nusa Lembongan. Kalian pasti sudah pada tau kalo Nusa Lembongan itu terkenal dengan dunia divingnya, tapi bukan cuma itu lho! Ternyata di sana ada point break yang ombaknya lumayan besar en’ asik buat surfing. Ok, aku ceritakan aja detailnya:Selasa 15 Jan 2002 kira-kira jam 10 malam, aku mendadak ditelpon oleh Widi (temanku masa SMU yang gemar berpetualang, lulusan STP) untuk ikut gengnya ke Nusa Lembongan.

Continue reading Going to Nusa Lembongan

Desa Pejeng

Adalah sebuah desa di gianyar yang terkenal dengan koleksi barang-barang antik dari mulai jaman batu (jamannya ada stupa) ampe ke jaman peradaban, tepatnya jaman Budha and dilengkapi juga ama tempat pemandian yang rupanya masih utuh.

Ada satu yang paling unik dari desa Pejeng ini, yaitu…..ada sebuah gong guuueeeddeee banget, yang ditaruh di Pura Penataran Sasih, dan disajeni, lho!!!! Bejibun mitos yang mewarnai cerita gong ini. Ada yang bilang gong ini adalah satu dari 13 bulan di bumi yang jatuh, ada juga yang katain ini adalah roda keretanya Kebo Iwa, dan mungkin masih banyak lagi sejarahnya, kamu bisa nanya langsung kalo mo lengkapnya, ya?????

Gong ini sempet bekan dengan nama bulan jatuh, dan’bula’ ini tingginya itu 186.5 dengan diameternya 160 cm. Konon menurut penelitian arkeologi, gong ini adalah berasal dari jaman logam yang kalo ndak salah itu sekitar taon 300 S.M dan kononnya lagi umurnya ini udah 1000 taon lebih tua daripada dinasty pejeng.

Desa Songan

Dari Toya Bungkah, jalan selama satu jam atau berkendaraan di satu gang, jalan menuju Songan ke sebelah timur laut di ujung kawah terluar, sepanjang 12 km dari Penelokan. Songan juga dapat dijangkau dengan perahu dari Kedisan dan Toya Bungkah.

Ini merupakan desa terbesar di seputar danau, dengan populasi sekitar 5000. Penduduknya hidup dari perikanan dan pertanian di seberang desa. Tidak ada bemo menuju Songan tapi anda dapat menumpang truk. Para pendatang bernego untuk mendapatkan tumpangan gratis. Banyak belerang dan mata air alami disini.
Continue reading Desa Songan

Desa Kapal

Kalo ke bali, jangan lupa ama barang-barang khasnya bali. Kalo kamu orangnya demen ama yang namanya patung, disini tempatnya!!! Kota kecil yang punya nama unik, “Kapal” ini, adalah pusatnya keramik, patung, piring-piring style Cina, cangkir-cangkir dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada ratusan toko-toko kecil pinggir jalan yang siap menuhin segala selera kamu..

Hampir tiap kota di Bali pasti ada puranya. Kapal juga. Disini itu ada Pura Sada namanya. Pernah liat candi di jawa? Nah, bangunan ini nyaris seperti gayanya candi, dan konon pura ini dulunya adalah tempat suci keluarga kerajaan. Konon lagi, pura ini dibuat untuk Ratu Sakti Jayanengrat, penguasa dan penakluk dunia. Seru khan?

Informasi Wisata dan Galeri Foto Bali