Pura Dalem Jagaraga

Pura ini terletak di Desa Jagaraga, yang mana nama ini adalah untuk mengingatkan kita sama satu peristiwa penting di bali yaitu Puputan Jagaraga. Waktu itu Gusti Ketut Jelantik mimpin pasukannya ngusir Belanda pada taon 1846 sebelum akhirnya taon 1848, Belanda menang.

Puranya sendiri adalah Pura Dalem yang buat masyarakat Bali, dibangun khusus buat memuja Dewi Durga. Lokasinya sendiri dekat kuburan. Tapi rada-rada aneh yaitu ukiran dan pahatan-pahatannya. Ada pahatan kapal udara model kuno (dog flight), orang lagi minum bir, mobil kuno, dll deh.

Trus yang lain lagi yaitu patungnya. Disana itu ada patung Dewi Durga yang posisinya rada seronok, dan juga ada patungnya Men Brayut, tokoh klasik Bali. Men Brayut ini beken banget sebagai seorang ibu yang ceritanya punya buuaannyyaaaak anak. Tuh, mulai ngga nyambung kan?

12 thoughts on “Pura Dalem Jagaraga”

  1. Patung Dewi durga dipura dalem memang begitu bos, memangnya musti pake baju berkerah, gak boleh pake sandal dan rambut gak boleh gondrong, ntar kuliah dong dewi durganya!!sayang gak ada camera digital, kalo ada tak fotoin gambarnya tak kasih bli admin, biar gak penasaran yang lain tuh..

  2. Aku mo tahu banyak tentang bali dan Sejarah terbentuknya masyarakat di Bali…tolong informasinya, donk! Aku butuh siapa aja yang bisa bantu aku…..Aku tinggal di Bali klo liburan sekolah dan klo hari biasa aku ada di Jakarta……..jadi keluargaku aja yang tinggal di Tuban, Bali. Tapi karena bukan orang asli Bali, makanya aku ingin tahu banyak tentang tempat tinggalku itu….terutama menegnai sejarah abad 19 dan Perang Jagaraga…jika ada yang tahun informasi lebih mengenai hal itu…tolong kirimkan aku info tersebut langsung ke alamat email-ku. Makasih

  3. Bagi-bagi info menarik tentang Bali dan sejarahnya, donk. Aku sedang tertarik dengan sejarah Bali…Walaupun aku tinggal di Bali (Tuban), tapi aku gak tahu banyak mengenai sejarahnya, maklum pindah-pindah mulu…so, klo ada yang berminat memberitahukan info tersebut dengan segala pengetahuannya, khususnya PUPUTAN JAGARAGA dan masyarakatnya pada jaman itu…plis, mohon kirimkan jasanya langsung ke alamat email-ku aja…sebagai gantinya…kita tukeran informasi mengenai edukasi…Makasih

  4. crita’a krank lngkap nie. . .q pngen tau yg lbih detail g. . .al’a q ska bca” tntank sjrah gto dech. . .lo ad yg pnya lnksung krim k email q yea. . thankz . z.z.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *