Kota Bangli

Kota Bangli terletak di sebelah timur laut Denpasar, kira-kira satu jam perjalanan ( 40 km ). Pada awal Dinasti Gelgel, Kerajaan kuno Bangli menjadikan Bali paling berkuasa pada pertengahan abad-19. Pada saat itu Bangli merupakan kota yang paling tenang dari seluruh kota dengan iklim sedang, tidak panas dan juga tidak dingin (panas dingin).

Delapan puri raja adalah salah satu tempat di sekitar perempatan utama kota, tapi sekarang hanya Puri Denpasar yang dibuka untuk umum sebagai istana ( yaitu adanya Artha Sastra Inn ).

Raja terakhir Bangli tertera pada arca singa dan Bodhisattva, berinspirasi dari fotografi Borobudur dan penandaan lukisan dinding di’bale loj’ berdasarkan pada kehidupan masyarakat Cina di Bangli. Lukisan dinding ini dalam bentuk yang tidak begitu bagus tapi anda masih bisa membuat detailnya. Panorama lainnya adalah’bale kulku’ yang berusia 100 tahun, sekitar lima menit jika ditempuh dengan jalan kaki.

Event terpenting adalah hari pasaran, anda dapat melihat produk-produk seperti kentang manis, kacang-kacangan dan rempah-rempah yang tidak akan ditemukan di daerah selatan. Tarian dan wayang kulit kadang dipentaskan di bale banjar setiap hari raya, tapi tidak dengan dana yang berlebihan atau merupakan kebiasaan dari kota Gianyar. Tempat tinggal dalang, Dewa Made Rai Resi, hanya 700 m dari Artha Sastra Inn.

Artha Sastra Inn, sebagai istana raja, semakin hari terlihat semakin baik. Pot-pot tanaman dan arsitektur istana memberi kesan unik pada tempat ini. Anda dapat tidur di peraduan raja terakhir Bangli dan berpartisipasi dalam kehidupan ritual keluarga triwangsa. Artha Sastra Inn berlokasi di pusat Bangli dekat dengan stasiun bis dan rambu lalu lintas yang ramai.

Terdapat lima ruangan terbesar di dalam puri yang disampingnya ada pemandian. Ini disesuaikan dengan’bale bal’ tradisional dimana terdapat pintu berukiran kuno serta furniture-furniture antik.

Di timur stasiun bis terdapat pasar malam dengan sajian murah meriah, camilan lezat, capcay goreng dengan nasi, ayam goreng dengan sayuran. Atau makan di beberapa warung makan kecil di sekitar stasiun bis. Segeralah datang selagi masih buka sampai tahun 2001.

Anda akan menemukan pertokoan di sekitar pasar, sebelah selatan Artha Sastra Inn dimana anda akan dapat membeli barang-barang kebutuhan hidup. Uang cash dapat ditukar di Bank Pembangunan Daerah, tapi tidak untuk travellers cheque atau gunakan bank di Gianyar, 13 km menggunakan bemo ke arah barat daya. Di depan Artha Sastra Inn, terdapat telepon umum atau ke wartel 24 jam ( pelayanan telekomunikasi )

8 thoughts on “Kota Bangli”

  1. ya ampyun….
    foto2 kota bangli yang indah, asri, sepi dan hampir mati mana?
    love that place so damm much!
    aku lahir,, besar, tumbuh, gede, di kota tercinta ini…
    walopun dulu sempet benci setengah mampus ma tempat ini lantaran sepinya itu lohhhh!
    gak banget deh!
    tapi sekarang, ketika udah jauh aja, kengennya banget2 deh!
    kangen sembahyang di pura kehen, kangen ketemu semua keluarga besar, kangen jalan2 ke kintmani….
    buat luw semua…
    kunjungin yah tempat ini…
    so much fun…
    i hope!

  2. ehm bangli ya,its just like empty heaven,indah&cozy tp ya gt sepinya nyaingin kuburan.he3x
    tp gmanapun jg &smpe kapanpun jg akan ttp jd rumah terindah buat aku…..

  3. dolo emank kota sepeh,rame bila pasaran,udaranye emank sejok,yg paling terkesan bela kawanan gue lagi ngacuh atomatis kluar dari maut: nah gitu cuman guyo… loe kluaran rsb..kwaakak…kak..kak…

  4. Bravo,

    Web TourdeBali.com memang kreatif dan produktif. Kalo bisa tingkatkan produktivitas dan kreativitas tersebut. Saya sendiri saat ini sedang riset mengenai Bali, tanpa sponsor. Kini baru studi pustaka mengenai hasil-hasil penelitian orang tentang Bali mulai dari Antropologi, Arkeologi, Biologi, Seni-Budaya, Arsitektur, Planologi, dll (A to Z)
    Sekali lagi, selamat untuk pengasuh tourdeBali.com, and jangan lupa tuh petanya diupdate terus. Trims.

  5. pokokx bali T.O.P B.G.T lh……..
    yang lom prnh ke bali buruan ke bali di jamin ga bakal nyesel lh……
    mlh bisa2 jdi ketagihan tuh…….

  6. ak sgt cnta “N” cyank bgetz bli krna ak uga org bli tpi ga tgl d’bli . . . .
    BALI IS THE BEST . . . .
    I LOVE BALI . . . .
    Blz addQ yc????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *