Tanah Lot

Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu tertelak bener2 di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Bahkan pada hari yang terang (laut tidak berkabut, cerah lah) kamu bisa melihat Pura Uluwatu dari sini. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi Pulau Bali. Dan Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Beliau adalah Sanghyang Nirantha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Sanghyang Nirantha.

Bendesa Beraben menyuruh Sanghyang Nirantha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana.

Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben’akhirny’ menjadi pengikut Sanghyang Nirantha.

Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan, melengkung gitu. Apabila kamu turun ke pantai antara Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bulan tertentu kamu akan menyaksikan sunset terhebat versi gue. Bola matahari yang berwarna merah akan tepat berada di lobang tebing. Seperti mata yang lelah memandang dunia. Sayang nya pemandangan ini cuman ada pada bulan-bulan tertentu yaitu saat matahari tenggelam condong ke utara.

Dari tempat parkir menuju ke area pura kamu akan banyak menjumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Feel free buat belanja. Yang bisa nawar dianjurkan.

118 thoughts on “Tanah Lot”

  1. Kalo kata orang sana sih, jagan ke tanah lot ama pacar. So pasti bakalan bubaran alias putus tus….
    gw tdnya ga percaya si, tapi gw sekarang percaya krn gw, da buktiin.gw kesana ma pacar gw dan akhiranya putus.
    Belive or not??? Up to u!!!

  2. wah bagus banget ceritanya aku suka abizzzzzz!!! luengkap tapi gambarnya mana aku dah kesana tapi gak sampe masuk ya biasa lah urusan wanita jadi aku penasaran banget mau kesana…

  3. tanah lot keren banget,article kamu juga keren, tapi gambarnya mana? thanks udah ngasih tau time moment yang bagus buat liat sunset(udah di cobain, ternyata emang sugoi!!!)

  4. tanah lot bagi gw sangat keren abis gw kesana pada taon 2002 pas bali sangat indahnya . gila tanah lot bagus banget di sana gw pas upacara nyepi banyak orang yang ke sana . di tanah lot ada 2 ekor ular tapi gak ada ekornya ular itu berada di dalam gw deket ama pura tanah lot .. so buat kamu2 yg blm kesana buruan ke sana

  5. Wah gw dulu ke tanah lot waktu perpisahan smp taon 2000…..wuih gila booo…waktu ngeliat sunset tuh kereeeeennn bangeet. Disana gw jg pernah nyoba pegang ular d dlm goa di bwh karang susah bangeet air lautnya pasang terus. Gw punya kenangan d sana gw berdiri ngeliat sunset ma co gebetan gw. Tak terlupakan. Kapan2 ke sana lagi aaacchh…..

  6. Pemandangannya yg bikin gw takjub…
    Subhanallaahhh…
    Pokoknya ga ada tandingannya deehhh..
    Memang keajaiban Tuhan yaa..
    Ud gt barang2nya murah2 banggeeeeeeeeettt..
    Klo gw kesana lg, ga akan lupa utk mampir ke Tanah Lot..
    hihiihii.. ketagihan niihh..

  7. pura tanah lot tuh keren and baguuuuuuuusssssssssssssss buanget.gw pengenn suatu saat bisa ke sana lagi ma sobat2 gw.pokoknya,gw betah banget disana!

  8. aku suka banget ma bali.tanah lot adalah salah satu tempat yang indah di bali.kemarin aku abis dari sana,ma keluargaku tapi cuman seminggu n aku masih ingin lama2 dibali.aku jalan2di bali,liat banyak pemndangan indah di sana.aku pengen banget punya temen asli dari bali….aku suka bali….

  9. aq pernah ke tempat ini waktu ithu sekitar jam 09.00githu so aer nya agak surut lah disana kita (bertepatan waktu gw tour ke sithu bareng temen smp 10 yogya angk 2003/2004,17 oct 2003)bisa ke gua ular suci nya dan kita bisa pegan aku turut pegang juga tegang seh rasa nya tapi rasa nya dingin 2 lembap waktu pegang ular ithu ,aq juga sayang sekali dengan bali mungkin seatu sata aku biasa kerja dan tinggal disini dan ilove bali .boleh kirim salam kan ?
    toek Anak Agung Gede Anom Wisnu P utra Dalem di gianyar kl aja lo buka situs ini inget kita 2 di jogja ya kapan km kembali ke sini lagi lo dapet salam dari anak sekelas kita dulu waktu jaman lo maseh di jogja (3b)do’t forgetme

  10. aku cuman
    mo ngucapin thanks yah….buat team tour de bali.buat semua laporannya tentang bali.moga tambah sukses aja…dadah…salam kenal….

  11. sebenarnya bukan mau komentar tanah lot sangat indah, tetapi tolong deh saya dikasih gambar Pura besakih atau pura ayun atau gambar pura lain saya untuk koleksi kalau boleh saya mengucapkan terima kasih buaaaaaaaaanyak

  12. Sebenernya sih, yang boleh masuk ke dalam Pura Uluwatu cuman orang Hindu doang. Ada ular tidur di tanjungnya, atau di karangnya. Kalau malam hari, iih, ularnya bangun.

  13. wiih keren! infonya lumayan juga. gue pernah kesana. ombaknya gila, man!!!!! makanya, gue nggak boleh maen aer disana..he..he..:)
    pokoknya keren bgt gitu loh!

  14. Tanah Lot itu bagus BANGET!!!! Banyak bule!!! Romantis banget sunsetnya!!! Keren Abis… gue janji, kalo honeymoon… gue bakalan pergi ke sana. Hehehe

  15. bali indah dan aku pengen banget bisa tinggal di bali dan punya banyak eaman dari sana …salam buat semua d bali……………………

  16. saat itu is untk pertama kalinya gw pergi ke bali, bareng keluarga n cintaq, t4 pertama yang kita kunjungi is tanah lot, begitu indah d lihat sampai kami tak bosan2nya untk terus berfoto d setiap sudut tanah lot, istirahat, makan, belanja ampe buat tatto segala kami sekeluarga lakukan. gw pengen kembali lagi untuk menikmati keindahan tanah lot jg t4 wisata lainnya d bali, gw gakkan bosan bila berada di sana….. n rencananya tahun depan gw n cintaq bakalan nikah n pengen bgt untk bulan madu d bali….BALI…. TUNGGU KEDATANGNKU YAH……

  17. emang apa yang u bilang tuh bener banget. tapi sayang u nggak nyinggung orang sana. ternyata orang disana tuh baik and kayaknya gak bakalan ada deh yang namanya copet ato jambret.yang ada mereka bakaan balikin dompet u kalo mereka liat dompet u jatuh,Peace!!

  18. tanah lot keren banget.kita anak2 rombongan dari smp 1 pwt .pernah ke sana loh!dateng ke bali ga nyesel,loh!makanya isi donk liburan kamu2 ke bali.yang ada juga ketagihan.Bali is the most beautiful paradise in the world!!!

  19. TaNaH LoT emAnk daH kErEn BgT… apaLagi BaLi nYa sNdiRi….g mao banget klo di ajak ke baLi Lg…YuPE, KEtaGiHaN gUe…asik bgt deh ma yg nama nya baLi…. Bagi yg bLm k baLi, BuRuAn Pegi… hehehehe!!!

  20. TOP ABIS DEH! MANG BENER TANAH LOT KEREN GUE KESANA DAH BEBERAPA KALI TERAKHIR BULAN JULI 2005 INI TAPI TANAH LOT MASIH TETEP SORGA DUNIA B’

  21. aduuhhhhh kapan yahh bisa kebali… pengeeen !!!! ada yang mau bayarin gak????
    eh gak jadi dink, tar gw kena bim lagiiii
    ihhhh bete kok ga bisa dikopi sihhh ada virusnya gitu????

  22. Ulasannya emang menarik, tp gw masih bingung tentang perjalanan Sanghyang Nirantha bisa tolong ulas donk!!!! Abiss kayaknya menarik deh

  23. pemandangan yang indah nan permai ciptaan Tuhan…
    asik deh jjs ke tanah lo…bisa melihat pantai, pura, sunset n ngeliat co.2 keren….hi2x…

  24. bagus nich!aq pikir ini tulisan penting bgt coz dengan adanya tulisan seprti ini kita bisa lebih mengerti tentang keindahan bali.truz ini juga bisa buat ngeyakinin orang2 bahwa bali itu bagus n orangnya ramah n gak ketinggalan aman tentunya.walaupun mungkin sekarang kurang begitu meyakinkan akibat orng2 yg g bertanggung jawab.

  25. Bali..is my_dREamLaNd deh!!!tanah lot bikin kita kaya foto model,karna sana sini ada batu karang&tebing yg oke bwt di jadiin background!hehehhe
    jadi kudu hati2,kalo air lautnya pasang..lo bisa basah kuyup kena terpahan ombaknya.
    -P E A C E-

  26. waktu aku dulu study tour ke sana, tanah lot lagi surut. So aku bisa ngeliat puranya lebih dekat. beutifull bgt dech…
    pokoknya gitu deee…

  27. G bener2 bingung sama pura yg ada di tanah lot, g ksn pas laut lagi surut…untuuuuunnnngg…..jadi g bisa nyebrang kesana, tapi pas nyebrang sich rada2 licin gitu, tapi tenang aja ada beli2 disana yg jagain…

    G binging sama air yg ada di pura tanah lot, sumpeh g bingung bgt…airnya ga asin ga kya air laut biasanya TAPI pas airnya udah sampe bawah, bawahnya tuch ga jauh2 kok ANEH tapi nyata tuch air udah asin…

    Btw siapa yg berani berenang disana?coz ombaknya guede bangged

    Ularnya berbisa yach? kok malah dilestariin sich…g ngeliat eehhh udah kya gitu malah disuruh megang, sumpeh g takut bgd…untung ga knp2…mang bener yach berbisa?

  28. good! TOP banget! makasi bwat para web master karena dengan adanya website ini bisa membantu saya untuk menyusun karya ilmiah…. keep up the good work, yach!!

  29. Kalau tanah lot hampir semua orang yg pernah ke bali pernah ke tanah lot, emang sih tempatnya sangat unik dan indah untuk nglihat sunset,

    menurut saya tanah lot emang tempat yg paling bagus untuk melihat sunset

    untuk tour in bali saya selalu sarankan tamu saya untuk melihat tanah lot, dari semua Bali tours yg kami jual tiga yg menyarankan untuk melihat tanah lot.

  30. Tanah lot emang masih cantik seperti yg dulu, karena kecantikananya tak pernah usang oleh jaman. Sune set pun masih cantik untuk dilihat dari sana.

  31. Tanah lot indah bangetttttt???gue aja pengen terus ke sana, abis ngangenin sch?Sunset di sana dijamin ga bakalan ngebosenin, apalagi sama cowonya?????duh enaknya!!!!!!
    Di sana kamu dapat menyaksikan hari raya odalan, yang aku juga tau apa artinya dan gimana sejarahnya!
    Bali emang penuh kenangan indah so buat kamu yang ga pernah ke bali tak jamin bakal nyesel deh!
    Bali adalah surganya Indonesia, di sini semuanya ada!mo nyari orang yang kayak apa juga ada!

  32. Gw kesana uda beberapa kali seyh..tp ama teman2 aja takut pergi ama pcr katanya bs putus…benar ngga seyh bisa bubaran??pdhl tempatnya romantis bo buat pacaran hehe

  33. pura tanah lot emg indah bgt,pemandangannya bgs,sunset,ada juga karang bolong. namun sayang bgt krn ksana ga blh sm pcr kita,katanya sih bisa pts. tp bner ga sih??

  34. Pernah si ke tanah lot tapi ga pernah sama pacar takut putus bo ! hehehehehe
    Ke sananya cuma sama temen-temen aja si habis ga ada yang diajak soalnya. Maklum waktu itu lagi marahan sama yayangnya………………………

  35. walopun udah lama tinggal di Bali, belum pernah aku rasakan perasaan seperti ini…tapi saat ini aku lagi tugas belajar di luar daerah, begitu melihat foto tanah lot… rasanya home sick-ku kumat lagi. Bali …you are my home sweet home

  36. well, bnrna aq pna tinggal d Bali slama 15thn n rasa na tanah lot tu qren, trz pndah k jogja..n br kmrn tgl 8 jul 2007 study tour k bali brg tmn2 seangkatan n mampir di tanah lot.. n tw ga?? tu tanah lot mkn qren aja.. bnr2 ngangenin.. oy, 1 psn q, kl di sana jgn mcm2 cuz… slh 1 tmen q ada yg mcm2 n akirna begitu pjalanan pulang n br ja nyampe banyuwangi, slh 1 bus rombongan ban nya pecah mulu.. ada 3 bis yg brangkat n kalo mau di total tu.. skitar 13 kali ban nya bocor mulu.. gila ga?? trz tmn q yg mcm2 td tu ampe kesurupan..!! ampe qta2 tu ngaret skitar 11jam an nyampe dt4 7an..pokoknya pngalaman yg bnr2 menegangkan n bikin histeria bgt deh.. best experience bwt q, seru n menegangkan!! Love U Bali..!! miss U Bali..!!
    so, qta tetep kudu jaga sikap, jgn ampe mrusak keindahan tanah lot n pulau Bali.. otree..?? 🙂

  37. Tanah lot itu emang indah, emang ke Bali tu enga ada bosennya, Akhir Oktober 2007, kesana lagi bareng kawan2 kerja 100 orang. berarti dah ke 3 kali g ke sana, coba bali adanya di bogor yak, Bali I love you.. is the beautifull island

  38. Seminggu lagi gw bakal ke bali ama family n co g.. tanah lot masuk di daftar acara g.. g penasaran.. apa bener klo pergi ama pacar bisa putus?? hixz.. pliz ada yg jawab dunk.. T_T

  39. Nice place. Kalo ke Bali hukumnya wajib ke sini.
    Sunsetnya bagus.
    Cuma, kalo mau nyebrang ke pura yang ada di bongjahan batu kok agak kotor sekarang ya. Sayang banget, padahal banyak turis asing.

  40. sy sbagai orang bali iri sama teman2 yg bukan orang bali.krena mereka bisa liat bli langsung.sedangkan sy sebagai orang bali blum pernah lait bali tu kaya gimana? sya hanya bisa liat lewt anternet aja.tp sy punya cita2 pengen liatlangsung.doain ya.

  41. New Years Eve kali ini gw di Bali ma cw gw, hopefully it will be a blast!! pasti nya Tanah Lot ada di planning trip gw.
    Gw ma cw gw sih g percaya soal hocuspocus kalo ke Tanah Lot ma pasangan bs putus, krn menurut gw mgkn nti yg putus urat malu nya..he2

  42. Tanah Lot tuh bener2 wonderful bgt apalagi kalo pas sunset.wuih keren abis deh!disana 2 ada tempat kaya goa yg katanya tempat suci.and ati2 z kalo di bali ,coz disana 2 byk sesajinya and sakral bgt.kalo brtindak sembarangan,bs berabe!tp tempat2nya sueru abizzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!……………..hehehehehehehe,,,,,,,yux….p;

  43. saya adalah salah satu orang yg mengagumi wisata di bali.waktu sma saya wisata di bali tempatnya sangat indah dan rame para pengunjung.
    pokoknya bali kaya dengan tempat wisatanya .ak suka bali.

  44. q dl prnah kx k’tanah lot…….
    gla!!!!!!!!bagus bgd boe…….
    kren abizzzzz
    tyuz jgn seX” dech pacaran d’sana..putus mampus loe……..^_^

  45. memang indah buanget disana memang indah ndak ada tandingan nya .klo kesana lagi aku ingin foto ame bule lagia aja ahhh…………..

  46. TANAH LOT…Its so amazing…..!!!
    Coba lihat dec waktu air laut pasang,…pasti kelihatannya di tengah laut khan???
    Makanya gw bilang AMAZING….
    Yang blom pernah ke Bali…buruan…!!!
    Ntar kehabisan tiket lho..!Kayak nonton bioskop z

  47. Saya baru minggu lalu ke Tanah Lot untuk kerjaan. Tanah Lot memang bagus dan indah sekali. Tapi saya agak menyayangkan sikap dari orang2 yang “menjaga” tanah Lot. Mereka tak sungkan2 mengkomersialkan tanah lot untuk meminta sumbangan dan lain2nya( dengan alasan untuk sesajen). Sayang banget tanah lot yang begitu sakral dirusak ama oknum2 kaya gini. Waktu pas saya meminta air suci dan berdoa, saya memberi sumbangan 2000 rupiah di dalam kotak. Uang seribuan saya diambil oleh penjaga, namun uang yang 5ribuan dan 10ribuan tetap dibiarkan berada didalam kotak tersebut. Ga tau deh maksud orang tersebut apa?? Benar2 pemandangan yang mencengangkan bukan?? DAn maaf2 kata ya untuk orang bali, saya merasa pada saat surut di tanah lot, seolah2 adalah waktu untuk mencari uang dan berbisnis bagi para penjaga tanah lot. Sekali lagi saya mintamaaf atas comment saya ini, tapi saya hanya berkata yang sebenarnya.
    Terimakasih..

    —Peace—

  48. At 24 March 2008………….

    I’m coming…………

    Sediakan keamanan yang baik……………
    Agar Kami bisa menikmati keindahan BALI……………

    miss u all

  49. kL Q pgn kbaLi m co Q n ngiNep di pn9inapan, and Qta 1 booking 1 kamar ajha (kterbatasan biaya),,kiRa” bkaL di gRebek gak yha??

  50. umph,,2 hari lalu gw baru jah dari tanah lot….ngejelajahi cemuwanya sendiri,,emang keren meskipun waktu itu gag ampe sunset….but gw punya cita2 kalu kesana lagi q mw buang my diary…..tempat dimana tercurahkan semua perasaan benci,sayang,cinta,kecewa,seneng dll,,pokoknya kalu gw ngerasa cukup ngisi diary gw…diary gw akan gw buang di tanah lot…..

  51. Tanah lot adalah salah satu situs warisan dunia yg sangat berharga, tapi sayang pada jaman orde baru, bisa-bisanya investor buat hotel sangat dekat dengan lokasi pura.
    Padahal sudah ada aturan dari leluhur di Bali, bahwa pura mempunyai radius tertentu diamana arealnya tak bisa dibangun apapun.
    Ini tentu lebih PARAH dari penduduk lokal yg sekedar dapat cipratan duit dari sumbangan.
    so, to vivi jangan hanya salahkan orang lokal yg dianggap mengkomersialisasi pura.

  52. Tanah Lot adalah sebuah tempat pariwisata di Bali yang sangat enak dipandang dan dirasakan karena disaat ombak muncul serasa seperti di atas air.
    maka dari itu siapa yang belum pernah ke Bali silahkan ke Bali dan jangan lupa kunjungi Tanah Lot yach dan aq jamin puassssss.
    Makasih…

  53. yang orang bali , aku sih pernah ke bali , tapi belum ketanah lot . kalo perginya sama istri gimana . aku kan gak mau p
    i

  54. Saya lahir dan besar di Tabanan-Bali. hingga usia 18 tahun. Tanah Lot merupakan tempat main saya waktu kecil hingga SMA. Karena rumah saya berjarak 13 KM dg Tanah Lot. Sempat berkembang mitos, kalau bawa pacar ke sana, pasti akhirnya putus. Entah siapa yg menghembuskan isu itu. Saya sbg pribadi sangat tidak percaya. Saya lebih percaya pd kuasa Allah. Bali memang memiliki keindahan alam. Untuk membuat sesuatu yg unik, keindahan alam seringkali di kemas dgn cerita-cerita mistis yg melatarbelakanginya. Inilah yg membuat diferensiasi. Sehingga Bali selalu menarik wisatawan untuk datang ke sana. Strategi pemasaran yg cukup jitu… I love Bali..suatu saat aku akan datang kesana..aku masih punya rumah disana..

  55. HAI,,,HAIII,,,HAIII,,, KLUARKAN GAMBAR TANAH LOTNYA DONGZ KAN KEREN GAMBARNYA SELAIN ITU BANYAKIN FOTO2 LAINNYA / TMPT SHOOPINGNYA.

  56. hmm…. Sebenarnya gw kagak tau tentang tanah lot ini, gw cuma butuh fotonya buat bikin merk manisan salak bali, tapi…… MANA GAMBARNYA….! Cpd

  57. wau,,,
    keren tu tmpat…
    yah…nunggu gue kls 2 sma ru bs ke sana….
    mga gue bs liat langsung tu pura,,,
    itu harapan gue,,,,
    jga alam kt dgn debaik mungkin ea?

    dian…

  58. gw pernah k tanah lot si tapi kga asik cz ombak y gga bersahabat jadi kga rame deh liburan k tanal lot y .tapi tanah lot keren bgd deh

  59. emang bagus beneran kok pemandangannya…udah 2x kesana tapi gak bosen2…tapi blm sempat liat sunsetnya…..
    kalo mitos yg bkal bubaran kalo kesana sama pcar tuh aku pernah denger juga tapi blm terbukti sama aku…..

  60. senag sekali saya bisa kebali terutama ketanah lot. tapi sayang, waktu itu ombak sedang pasang jadi saya tidak bisa mendekati pure. tapi paling tidak saya telah mengabadikan momen saya di tanah lot dengan baik.

  61. Q Penasaran dengan tanah lot di Bali kemarin dipantai kutanya za seru habis.Q pengen tau cara belajar tarian dibali. hehehe nambah pengalaman gitu.BALI I WILL CONMING AGAIN

  62. Wetz….bali men uh…..gila abiezzzzzz aduh asli surga dunia bnget. Aduh g bs d ungkpin dgn kt2 the pokox keren bnget g bs ngomong cmn mw ngomong mw ksna lg.

  63. Artikelnya banyak yang salah… Dang Hyang Nirarta, bukan Sang Hyang Nirarta…
    Uluwatu tidak mungkin bisa dilihat dari Tanah Lot… Ingat itu! Penulisnya ngarang nich!

  64. Oooohhh….. God……
    Bali…. aku ingin kembali….
    6 hari yang penuh pesona… dan kesan kangen Bali tiada tara…
    exotic… dan penuh kenangan indah..
    mimpi ku ….stay until die in Bali…

  65. pernah ke tanah lot bali, keren abizzz…. dan waktu kesana sm pacar, tp alhamdulillah smp skrng g putus tuch, hehe… cuma mitos aja apa mang blm kena kale y….

  66. Tanah Lot Bali….aku terpesona akan keindahanmu, rasanya ingin aku kesana bersama keluargaku. Tuhan Memberkati kami semua! Amien

  67. Tanah Lot itu tempat favorit gue. Gue selalu ke sana kalo lagi ke bali. Keindahannya tak kan terlupakan, apalagi sunsetnya. Indah bangettttt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *