Obyek Wisata

Museum Gedong Kirtya

Museum yang satu ini mungkin bisa dibilang sedikit lain, karena disini adalah tempat yang bener-bener khusus nyimpen lontar aja. Tahu lontar dong, keterlaluan deh kalo ngga. Nah, kalo kamu sedikitnya pengen tahu sejarah ato tulisan-tulisan kuno Bali, kamu bisa bongkar abis itu koleksi 3000 lontar kuno ini.

Tapi, meski ini adalah tulisan dari orang-orang bali jaman doeloe, tapi, masyarakat bali sendiri masih takut-takut masuk ke sini, alasannya takut dengan “jiwa-jiwa” lontar itu. Dan uniknya lagi, museum ini dibangun oleh orang Belanda, L.J Caron taon 1928.

Tentang Penulis

konsultan, article contributor, trouble maker, apple fan boy. temen sekelas asn dari jaman smp yg juga seorang internet master, linux expert, techno en movie freak. saat ini menjabat sebagai GM sebuah ISP di Jakarta. side job nya adalah kolektor film HD segala macam genre yang selalu up-to-date

2 comments on “Museum Gedong Kirtya

  1. aku anak sastra indonesia undip. aku ngambil seksi filologi. bulan lalu aku bersama teman sekelas ngdain kkl ke bali. kita masing – masing seksi punya tujuan kkl sendiri – sendiri. kebetulan objek kkl kita adalah gedong krtya, soalnya pas banget sama apa yang kita butuhin. sampainya kita disana terus terang kita kecewa. ternyata apa yang ada ngga sesuai dengan apa yang kita bayangkan. keadaanya cukup memprihatinkan. padahal tempat itu adalah salah satu perpustakaan yan dikatakan lengkap menyimpan naskah [ naskah kuno. tapi pelayanan yang ada cukuplah, oranh – orangnya ramah, dibandingkan perpustakaan lain.

  2. kalau jalan jalan ke buleleng jangan lupa mampir disini karena kalau mau belajar tentang bali dan ilmu balinya bisa di lihat dulu di museum ini, bagus sekali kalau anda emang suka ama sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *