Obyek Wisata

Tirta Empul

Tirta Empul Bali

Alkisah zaman dulu sekali, para dewa perang dengan raksasa. Waktu itu perang dipimpin oleh Dewa Indra dari kubu dewa melawan Mayadenawa dari kubu raksasa. Pendek cerita, pasukan dewa berhasil menang, tapi prajurit dewa banyak yang tewas. Akhirnya Dewa Indra membelah bumi sampai keluar air suci dari situ, dan air itulah yang kemudian menghidupkan lagi prajurit-prajuritnya. Menurut legenda mata air itu yang kemudian dikenal dengan nama Tirta Empul.

Mata air ini kemudian dikembangin ama raja bali waktu jaman itu, Sri Candrabhaya Singha Warmadewa di abad ke-10, ampe akhirnya jadi kompleks pemandian yang cantik ampe sekarang.

Orang-orang bali percaya kalo Tirta Empul ini bisa nyembuhin penyakit. Konon ada 15 mata air, yang masing-masing dengan khasiatnya masing-msing. Ada yang nyembuhin dari racun, ngilangin sakit kulit, and banyak lagi yang laennya

Sumber foto: Bali Photo Gallery

Lokasi Tirta Empul:

 

Tentang Penulis

cute girl with excelent english. menulis beberapa entry “Bali Explorer” yg sebagian merupakan terjemahan dari bahasa italy dan bahasa somalia.. no.. no.. kiddin’ guys… tentu aja bahasa inggris. skarang dah retired dengan status mommy for one cute litle boy

  • claudia

    Tirta Empul itu cantik banget, katanya, khasiatnya manjur(hehehe). Tirta Empul berada di Istana Tampak Siring, katanya sih permandian air panas. Banyak orang Bali mandi di sana. Ada anak-anak ikut malah. Airnya seger,loh….

  • http://Opera.Htm Wardika

    Gw pernah mandi di tirta empul,tp gw tenggelem dan ditertawain ama temen2 gw,waktu itu hari raya galungan

  • Rio Veriadi

    bahasa loe gaul banget ‘ gue suka banget gaya loe itu

  • mangbadung

    bahasanya gaul banget coy.., jadi inget my love yang rumahnya dekat tirte empul! tp belum sempat melebur ditirte..,lain waktu pasti pernah

  • http://www.astabali.com/bali-fullday-tours.html Ketut

    Visit tampaksiring the archeological place in Bali on the fullday Bali tours where the side of it stand the presidential palace of the late president Sukarno.
    ini tempatnya sangat indah dan juga sangat asri dengan alam yg masih hijau

  • bella

    nice language

  • chatrin

    perlu diperbanyak informasinya, btw gambarnya mana? lagi perlu nih soalnya!

  • onya 1

    Gw mw kesana ah gw khn asli bali tinggal dibali jg.. hah capek deh…

  • Pingback: Sejarah pura_pura di Bali « Wynoky’s Weblog()

  • dewa

    ehm…tirta empul itu yaaa…yang sering diceritakan teman2q…
    aduh kacian banget ya aq orang bali lum pernah kesana padahal q pengen bangett…
    upz…kuliah dulu bro..

  • agung diah

    entah kenapa dr beberapa bln yg lalu setiap ada rencana mau ke tirta empul pasti ada aja halangan,,,,,,,,,mudah2an rencanay bulan ini tdk ada halangan y,,,,, pengen deh sembahyang ke sana,,,,,,,

  • “cHa_cHa cHUBby

    ,,,,wAaaXxxH kLo iNGeD tiRtA eMpUL tUw jAdi piNIn kCAna LG!!!
    kMaRen wAkTu sTUdi wiSata gAg sMpEt LaMA” d cAna cZ kBuRu k t4 LAen!!!
    ….y mOga aJjaH biSa k cAnA Lg!!!!

  • febby

    Salam,

    Bisakah sy tau info tentang tirta empul yang lebih detail,termasuk foto2 di lokasi.
    Thx b4.

    Salam Kenal
    -fby-

  • Kermit

    duhhhhh booo…….fotonya mana,q pngen tw alna ..rencananya si bsok q mw k sna m tmn2q,doain jd yah..hbzna q malu sie masa q org Bali ga penah k sna2,skalian mw melukat ,heheheh uda bnyak dosaa kali yahhh…

  • sri sukarmi

    waduh, pasti apik tenan ya tirta empul itu.aku gak sabar mo lihat.konon dulu Presiden Soekarno lagi jalan-jalan di dekat tirta empul trs ada ketemu

    bayi lagi sakit cacar yang digendong pengasuh, bayi tersebut sama p karno suruh mandiin di mata air ini, katanya langsung sembuh, tul gak crita tsb/

  • kumala

    waktu itu gak sengaja lewat,pas aku n family walking2 ke kintamani.eh tak tahunya ada tempat yang tm4 parkirnya luaas banget.iseng ahhhhhhhhhhh mampir sapa tahu ada resto disana maklum g luapper.eit tak tahunya da dadong (ne2k2) bilang kalo bayinya blm 7bln jgn dibawa masuk.tanpa babibu lg aku lngsung tancap gas.takut melanggar maklum aku bkn nak bali.hehehehe

  • tya

    aku udah 2x melukat di pura tirta empul bareng ama temen2 ku…
    dingin banget lho rasanya kalo kita berlama-lama di dalam kolam…
    tapi seru kok….
    pengalaman nie ga akan bisa terlupakan….
    karna setelah melukat aku dan teman – teman pergi ngliat pemandangan air terjun di Sukawati…

  • Krisna

    informasi yang dimuat cukup padat… informatif dan ngepop, sayangnya foto yang dipajang dibagian sisi kanan tidak mencerminkan topik yang dibahas… contoh untuk artikel Tirta Empul alangkah indahnya kalau ditampilkan foto pancurannya, pura atau istana negara serta situasi di luar pancuran / kolam .. Selamat dan Saluuuuut atas tulisannya..

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000054696646 Roelly Prasetyo

    tirta empul tu kyk gmn c?
    tolong jelasin dung selengkapnya,..tanks

  • aldew

    Tempatnya bagus, masuknya harus pake sarung khas bali dan ikannya gila gede-gede banget.. pokoknya seru deh..

  • dewi wicaksani

    waooo , , , ,rumah q dket bnget ma tirta empul, , ,heheheh
    #gak nanya
    tempatnya memang bgus, ,, ,

  • ocha

    iyak bener tuh !
    aku pernah kesana tapi blum pernah mandi :D air pancorannya seger banget aku sempet cuci mukak….

  • Ayouechx

    Artikel’a bgoez bgd dEch.. Jdi pngen sna lg nei ngrasa’n sjuk’a n dngin’a aer d’cna.. Ikan’a jg gd’2 bgd.. BAgI tmen’2 yg blm pRnh k’cna cobA’n k’sna smbil melukat plus lbur’n.. Ga bkal’n nysel dEh..
    He.. He.. He.. He..