Garuda Wisnu Kencana

Ide Garuda Wisnu Kencana (GWK) bgitu hebat. Sebuah mini-city dengan segala fasilitas hiburan, shopping dan tempat rekreasi seluas puluhan hektar. Tentu saja jgn lupakan patung GWK itu sendiri. Rencananya akan menjulang setinggi 128 meter dan konon merupakan yg tertinggi di dunia untuk kategori Statue.

Terletak di kawanan pebukitan dgn view yg menawan seperti Pantai Kuta & Jimbaran di kejauhan, Airport Ngurah Rai dan Pelabuhan benoa. Kamu bisa mencapai GWK melalui beberapa jalur. Diantaranya melewati kampus UNUD yg belok2 tapi dapet bonus liat mahasiswi bening, ato direct melalui jalan utama Jimbaran dgn beberapa tikungan2 tajam dan berbahaya.

Proyek GWK sudah dimulai sejak lama. Gw inget pertama ke sana skitar thn 2000, hampir 50% fasilitas hiburan sudah jadi. Ada 2 stage utama untuk menggelar acara kesenian. Satunya kecil, cocok untuk theater, konser band ABG, ato kesenian daerah. Satunya lagi ukuran jumbo dgn pilar2 raksasa. Kalo ada acara2 skala nasional/internasional pasti ngambil tempat dsini neh.

Berkeliling GWK akan membuat kita kagum. Area yg aslinya bukit batu yg miring terjal disulap menjadi sebuah bangunan raksasa dgn arsitektur mengagumkan. Bukit dipotong2 menjadi pilar2 raksasa ala bangunan di mesir, tapi tetap dengan style Bali. Mereka memotong2 bukit seperti memotong keju. Edan!

Dibalik semua keindahan, proyek GWK ternyata punya banyak kasus. Proyek GWK dari awal berjalan lancar sampai Bom Bali I meledak. Bali mengalami krisis dan proyek mulai mangkrak. Penduduk lokal mulai berdemo menuntut janji pekerjaan sebagai kompensasi dari pembebasan tanah. Isu korupsi dan penyelewengan dana juga mulai menggerogoti GWK.

Terakhir kali gw ke GWK, skitar awal 2006, patung megah yang dijanjikan belum juga berdiri. hanya ada sepetak batu + semen berukuran semeter dua meter yg merupakan hasil upacara peletakan batu pertama oleh Mantan Presiden Megawati. Lalu, mana patungnya…?

 

96 thoughts on “Garuda Wisnu Kencana”

  1. dulu aku dengar dari berita,di bali ada bukit yg di sulap mnjadi arsitektur yg sungguh menakjubkan…aku pertma lihat kagum jg,,hebat gt…bukit yg di potong dan akan di jadikan bangunan2 mirip seperti jman batu…walau belum 100% terwjud..tp dari tujuannya aku salut dan kagum…salut buat i wayan tirta sbagai pelopor nya,,,tapi sayang knpa gak di lanjutin..halo pak sby tolong lnjutin proyek itu..walau mahal tapi nantinya bisa bikin kagum anak cucu kita…pokoke top bgt GWK…fotoku jg bgus di situ…

  2. wao………
    Keren banget kan?
    tapi kalo gak salah waktu itu presiden SBY Udah ngumumin kelanjutan pembangunan GWK Kan kalo gak salah?
    yah… tapi kalo beneran terwujud gua pasti bakal hepiiiii banget

  3. keren…. semoga lain kali gw ke sana, patungnya ( klo perlu seluruh site nya ) dah jadi 100 %. Jd klo gw ke luar negri ada bangunan indonesia yg bisa di “sombongin” 🙂

  4. woww keren ya,aku seneng deh kmrn bsa tour ke bali. pa lagi GWK! asyik dech…. pasti yang blm prnah ksana pasti nyesel…!!!!!!!!!!!!!!!

    salam :
    shanti dan ira
    Step’n one Blitar >>>>>>>

  5. keren abiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis…
    juli kemaren pertama kali kesana, walopun belum selesai tapi aku dah kagum bgt.untuk pemerintah, cepetan selesaiin donk pembangunannya.aset yg sangat berharga buat Indonesia…

  6. gila itu yang buat benar benar spetakuler coba kalo lu buat patung GWK sendirian ampe anak cucu turunan ke 10 tidak akan kelar makanya kita harus angkat topi dan kalo bisa beri gelar sama yg buat GWK oleh negara

  7. o ya waktu gue kesana dekat pintu masuk kok sepi aja mohon kepada pengelola kiranya dibuatkan galeri agar bali merupakan salah satu yang paling ajaib didunia.Jangan negara lain tapi cintailah negeriku dan jangan dirusak dengan orang yang tidak bertanggung jawab.

  8. keren seyh..patungnya dr jauh keliatan kyk batu gede yg dipahat gtu ternyata ngga y…
    yg sampe skrg gw ingat pas ke gwk es dawet-nya enak bo hehehe
    viewnya jg bgs buanget…salut d..buat org2 yg bikin tempat yg nice buanget….

  9. tlg kasi info via email paket tour bali utk 1 org tanggal 17 s/d 21 mei 2007. klu bisa gabung dengan yang lain/ ikut rombongan.nginap di kuta dan ada tour ke uluwatu, sea walker n gwk. pls n thans ya.

  10. Baru pertama tiba yg bisa aku ucapkan cuma 1 kata “MENAKJUBKAN”. gimana tidak,neh tempat begitu indah,begitu keren en begitu nyaman.Panoramanya,udaranya sampai keramahan orang-orang sekitarnya.Belum jadi utuh aja patungnya udah banyak yg takjub apalagi sampai terealisasi bisa2 org2 pada melihat keajaiban dunia.Enggak salah temenku yg dari luar pulau bilang Bali is Wonderful island..Salut banget buat yg punya ide,.ayo donk di selesaikan.

  11. Keren abissss…. Tebing yang dipotong2 itu aja udah keren, coba dateng ke GWK saat sunset, wuih lebih indah. Dari sini kalo pake teropong keliatan Pantai kuta dan Sanur. TOP

  12. ih… jadi penasaran nech . bagus bgt ya tempatnya… soalnya terakhir ke bali th 2000 blm ada gwk … jd pengin kesana lg nih

  13. ini pertanyaan semua orang hehe, aku juga nunggu2 neh kapan selesai, eh malah dipake venue Soundrenalin pulak. GWK lagi BM (butuh modal) kaleee…

  14. wow…dulu kayak e masih setengah…patungnya….dah selesai belum ya….andai aku punya uang aku pengen nich jalan2 lagi ke bali….kapn ya????????????????hehehe…

  15. idem sama mas sugianto juga aku, br juli 2007 aku kesana, pertama kesana pas pintu masuknya kok sepi kali ya, kalau bisa dipercepat pembangunannya jangan setengah2 biar kalau sudah jadi, merupakan patung tertinggi di bali and bisa jadi kebanggaan indonesia

  16. lanjutin dong atau tidak dibuat sama sekali………………….
    kan sayang tu duit bos…………………………..
    bagusan tu duit untuk gua buat jln2 lg tuk keliling bali
    habis seru bos……………
    terakhir gua kesana pas SMA thun berapa y………….?
    pokoknya seru abiz bo perjlnana gua sama temen2 gua…………
    krn sampe skrg tu foto mash gua simspn n sring gua plototin tu……..
    itung2 smbil lihat fotto temen2 SMA gua………………
    BRAVO Bali the Symbol of Indonesian

  17. huwaaaaaa….
    pengeeeeeeen…
    aku sering buanget ke Bali, karna emak sering ada kerjaan kesana…
    Bali…hmm..what a wonderful place…
    aku kemaren baru aja pulang dari Bali..
    gak lama, dan cuma sempet ke Ubud, Dreamland (Pecatu resort..hoho 17holes:D), kuta(absolutely)..
    sengaja ga ke GWK, soalnya tetep gitu2 ajah…
    padahal denger2 da big bozz SBY ikutan nyumbang dana biar tuh patung kelar..

  18. wonderful place………….q pernah kesana pas smp sekarang dah lulus kuliah punya impian sih bisa kerja disana doain ya moga dapet kesampaian

  19. bali keren!tp syg kt ga sempet klling smua t.soale wkt t’bts & byya sklh ga mndkung!!!!!!!ha3…………..kt pgn k bali lg!!!!!!!tngu kt bali!!!!!!!!!!ok!!!!!!!!!!!

  20. cerita teman tiap sudut kota di bali adalah bisa dijadiin tempat wisata dan sangat menarik perhatian yang ngliatnya…tapi ju2r saya blm pernah datng coz ga tau brp duit aku hrus bw, trus liat2 di wrnet saya blm penh dapt info tiket masuk lokasi wisata di bali mislny GWK, kintamani, dll…..
    buat tour de bali boleh donk sy kasi info tiket wisatnya coz sy pengn bgt datng ke bali…..
    thx infonya!!!!!
    sukses

  21. bobby suka bgt ama GWK,kalau udah jadi pasti angkor wath yg di kamboja kalah megah nya,tapi kapan jadinya laaaah
    oia bobby denger patung GWK itu terbuat dari batu yang di pahat,tapi setelah bobby pegang-pegang,kok kaya terbuat dari sejenis tembaga seee
    maaf yaa kita semua berharap terbuka aja dalam perihal ini,toh juga pada dasarnya GWK tetep OK kok

  22. Sangat hebat proyek GWK…saya sempat berfoto…pokoknya bakal jadi pusat wisata baru di bali, bisa lihat bali dari ketinggian. untuk dana, coba gunung kapur yang di potong dapat dijual, pasti ada ambahan dana dong…

  23. GWK IS WONDERFUL
    Pasti yang blom pernah kesana ngiri dec.Hua…hua…hua…100x Gw z ketagihan pengen dateng lagi.Oops kaya makanan z.So…,bangga dunk jadi orang Indonesia yang punya banyak tempat wisata yang menarik.Especially BALI…Lihat z tuc..orang asing z sekali dateng ke Bali pengen dateng lagi.

  24. Thanks yah sudah mengunjungi GWK. Info terbaru dari GWK pada bulan desember telah datang Patung Tangan Wisnu dengan ukuran besar. Juga kami menambah Pertunjukan2 seni di Amphitheater yaitu Tektekan koloborasi dan Kecak dance setiap harinya mulai pukul 18.00.Dan pertunjukan Barong setiap jam di Street Theater. Semuanya Free untuk nonton pertunjukan tersebut.
    Di GWK juga ada Jendela Bali The Panoramic Resto, makanannya enak dan view nya keren bg t apalagi untuk Romantic Dinner.Selain kawasan Cultural Park didalamnya juga terdapat beberapa tempat untuk Wedding Ceremony dan Foto Prewedding.

    Ditunggu kunjungannya Di GWK yah

  25. iya bener banget. Saya lihat dari deket patungnya keren and besar sekali. Waktu itu kita berfoto di bawahnya. Saya ga kebayang kalau patung itu menimpa kita. Pasti jadi apa ya…..Bali I’ll be back….

  26. aaaaaaaaaaaaaaaaaa………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    aku pengen banget liat GWK……!!!!!

    apes banget gw, pas gw tour ke bali obyeknya GWK, eh malah ujan deres banget…. aduh… aduh…

    So, gw ga bisa liat patung GWK itu de’
    udah keburu malem, gelap, dingin, eh ditambah lagi gw basah kuyup. Baju basah celana basah, yang dalem juga…..

    Dah de’ di bis gw cuma celana pendek-an doank… palagi AC-nya dingin banget.. aduw2x…. >_<

  27. AIH… sumpah bali itu memank keren! bisa deh nyiptain satu objek saja sampai membuat kita sadar dengan alam…namun knapa mesti aja ada hambatannya?
    pak presiden lanjutin donk pembangunannya.Kapan lagi kita bisa membuat objek yang bisa terkenal gini?lagian mau juga kan nama Indonesia hebat di mata orang asing.Patung ini besarnya sama dengan liberty lho! pokoknya GWK kren abiss…mantabh deh…buat I NYOMAN NUARTA,kreatif banget dgn inisiatifnya…sukses ya GWK…apa lagi dewa Wisnu nya yang sengaja dibuat seperti melihat ke bawah dan gituu deh,keak sedih sama ulah manusia. yang jlass GWK…MANTABH ABISSS

  28. Petugas di loket masuk GWK payah dan sangat jauh dari keramahan dan kesopanan ….. Jauh2 dateng ke GWK untuk nonton Fire Kecak, malah disumpahin mati dan pesawat kami jatuh….. dikarenakan kami meminta pengembalian uang masuk, toh dari awal kita kan sudah bertanya “apakah masih dapat menontonnya atau akan habis atau tidak sama sekali”…. Seandainya pada saat di loket mereka menjawab “Acaranya akan habis”, mk kami pun tidak akan datang kesana dan memutar kendaraan kami, secara pesawat kami jam 11 malam dan masih py byk waktu untuk ke tmpt lain.
    Hal ini cukup memalukan yang pernah kami dengar sebagai turis lokal terhadap pelayanan sebuah tempat wisata…..

  29. meskipun gw baru pertama kali pergi ke sana, mnurut gw bali itu is the best wisata dech! gw paling suka kalau ke bali itu ke tempat nusa benua and pantai kuta. tapi kalau dibilang si, wisata bali semuanya menyenangkan kok!!!!

  30. -)GWK trusin dunk,qt kan pgn pnya monumen setinggi itu..

    trakir gw ksna bru bbrapa bln yg lalu c..
    tp mmbuat gw bangga bgt..

    nd smga BALI mnjdi tujuan wisata lgi..

  31. pertama kalii… gue ke GWK gue seneng bgt soalnya gue kesana malem-malem indah bgt ya ? padahal gue tinggal di bali udah lama tapi gue gax pernah taw kalau di bali itu ada tempat seindah dan sebagus gwk ! kapan gue bisa kesana lagi ? apalagi tempatna cocok buat orang pacaran kan ASSSYYYIIIKKK!
    apalagi malem2″?

  32. keren abiss…idenya spektakuler dan “gile benerrr”….bangunan-bangunannya berasal dari bukit yang dipotong-potong dan dibentuk menjadi pilar-pilar raksasa…wow….fantastik…

  33. kapan ya gwk slse dbangun???
    kyana tiap ksana te2p aja dech gak ada perubahan…
    uh…
    sapa yang salah ya klo kya gni??
    bingung

  34. GWK tuh sngat” kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!
    tpi syng aqu ksna pas mlm,jdi cma bsa’n leat lmpu” kota aj.
    tpi yg psti. GWK.OKKKKKKKKKK bget!!
    GWK! I’m COmink!!!

  35. waktu tanggal 3-9 januari 2009 , aq liburan ke bali bareng temen2 sklh aq.
    tentunya di SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRA NEGARA.
    emank bener banget bali objek wisata yang keren abiiiiiiiiiiiiisss , apalagi GWK.
    belom rampung ajj udah segede raksasa apalagi udh jadi ..
    di GWK aq foto2 bareng temen2.
    bener2 pengalaman yg ga bakalan aq lupain seumur hidup ….thank’s for oll .. mama&papa

  36. syg bgt q g bs k sn wkt k bali

    sikon yg krg mndkung

    btw mnrut kmOe d bali tmpat yg pliiiiiiiiiiiiiiiing seru tu mn?

    i want to go to bali again…….

    it’s special time

    when we go anywhere, anytime together

    and when i’m remember we was’t together…

    i miss u all n special bali….

  37. waktu kul tiap summer pasti ke bali,,antara agustus september..
    bulan paling bnyk bule..

    tempat paling enak bwt surfing di halfway,,soalnya bwt pemula ombak nya ga ganas..

    klo bwt nongkro si gini..
    weekend,,jam 1 mlm ke Mbargo,,trus jam 2 mlm terusin ke Paddy’s or Bounty,,trakhir lanjut ke 66…
    pulang pasti tepaaaarrrrr….

    wkakakakakaka…

    btw GWK ok,,syng dulu pendanaan sarat korupsi,,jd arsiteknya mangkir krn ga di byr2…

    oh,,malangnya indonesia,,bnyk tikus berdasi…

  38. sbenernya aq jg prnh ksna..
    dan mmang trnyata blm jd 100% jd..

    tp, lmyan nyaman ko tmptnya..
    dan bgs bgd..

    dnger” ptung itu bkal jd patung trtinggi d dunia ya??

  39. AsSalamu’alækum,
    Hey,s0bat.
    Bicra tentang Bali,mang g’da matinya,2 minggu yg Lalu Aq Ru dari Sana.
    Wah g’rugi dech byar mahal wat kesana,s0alnya Pemandanganya C0 cwÉèt bnget.
    Tpi Sayanx,Aq ke GWKnya malem2 geetu,jdi g’puas dech Lihat Pemandngany.

  40. Kemaren Tgl 13 April 2009 aq bru ja kSna,,g ktingglan mmpir k GWK,,wuuiiihh aq kgum bgt ma pmndgan dsn,kueren abizzz,,,
    Bukit di potong-potong mmbentuk persegi yg sling berjajar rapih,,patung masih terpisah belum di gabungin,,ada patung wishnu,kepala Garuda,and tangan Hishnu,Kata’y sih masih dalam proses pembuatan sayap garuda yang lebar’y mncpai krg lbh 65 mter di Bandung,,,
    Memang proses pembuatan patung GWK sndri di buat di Bandung bukan diBali,,Karena pembuat patung GWK adlh seniman dari Bali yang mnjdi Dosen di slh stu Univ trknal dBandung Tp nm’y aq lupa,,,hehehehe
    konon patung tersebut dibawa dr bandung ke Bali menggunakan truk kotainer yang ckup banyak,,karena tinggi patung Wishnu saat ini saja sudah mncpai -+22 meter……..
    Aq pgn liat GWK klo udah jadi,cz rncna Kta’y dBwah Patung GWK akn dBangun Bangunan berlantai 12,,dan GWK akn mjd Patung tertinggi dDunia melebihi patung Liberty
    Kita harus Bangga mnjdi wrga INDONESIA

  41. br kmrn kampuz gw ngada’n kkl k’bali,ne p’tama x’y gw k’bali,t’nyata m’nakjukn skaleee,apalagi gwk pokok’y keren dah…g nyesel gw k’bali malah gw k’pengen ksna lg…

  42. GiLa . . . . . . . GWK keren aBiez . . . . Q udaCh daTEngin GWK beberapa kaLi meskiPun Q oraNg jaWA ga bosaN bosaN d cana UWH Kerwen . . . . . . . .
    Q juGa uTa meLiput daRi uJung bawaH aMe aTas . . .

    Uwh keren . . . . . .

    No cOmment bwd GWK . . .

  43. ya bangus bngt krn dpt menunjang daya wisata indonesia dan ku bangga bangt dan acogan jempol buat para arsitek dan yang tlh membuat artikel ini
    dan smg indonesia makin jaya dan maju dlm opjek wisata

  44. klo udh jdi,katany patung gwk akn menjdi patung tretinggi d dunia
    pembuatannya sampai 3 abad sampai skrng.
    katany udh 7 ketrunan lho

  45. Aq bru bbrpa hri yg lalu k GWK,,bgus bgt view’ny. . .
    Yg dah ada,ptung dewa wisnu,garuda,ma tangan(gag tw dech tuch tangan capa)hehe. . .

  46. gue setuju yang korupsi aja tuh yang jadi biang keroknya,.. kalo bom bali mungkin gak begitu ngefek kok dampak imbas pembangunan gwk,..jadi ikut malu kalo tiap kali ditanya siswa,.. “patungnya kok gitu terus sih,..udah gak kuat buat nerusin ya pemerintahnya..?

  47. kapan wisnu mengendarai garuda jadi kenyataan, terakir aku datang di liburan panjang tahun ini ,aku harap selesai namun masih terbengkalai, ayo pemda Bali kapan bangkit

  48. mendingan patung itu ga jadi, daripada harus dijual ke malaisya..harga diri bangsa indonesia bakalan terinjak-injak…jangan sampe gara-gara DUIT 1,3 triliun harga diri indonesia di jualke malaisya “MALING ASIA”…

  49. Garuda Wisnu Kencana memang satu daerah terindh yg prnah saya kunjingi…………..
    sangat terbayang di hati…. pengen balik lagi ke GWK…..
    SALAM HANGAT DARI NOVEL DI PAPUA.

  50. wow….keren!
    tp q bleh minta permintaan agar m’post-kan tentang joger Bali scr detail donk…, tlong za di usahakan.mksh

    1. info ttg joger kita usahakan yah, soalnya saat ini belum ada team pro yg bisa dikirim kesana. info terakhir yg kita tau adalah, joger buka cabang (walopun mr. joger ga mau menyebutnya begitu) yg jauhlebh guede en lebih luas di daerah baturiti sana, kira2 belasan kilo arah bedugul dr denpasar

  51. GWK mmng indah,tp sayang blm jd2 patung nya…ntar k bali lg liat GWK blm jd jg,apalagi makan d jendela bali mantap buanggeeeeeet…ntar km k sn lg ya.

  52. walau pun aku dari sulawesi(palu) tp yang namayan pulau dewata memang terindah di dunia..makanya saya sudah duakali pigi gwk…teryata pemecah recor dunia adalah gwk denag patung tertinggi di dunia……asik bangetttt tingallll di GWK>>>>>>>>>>>

  53. Ay0 bngun truz GWK, kalahkan patung Liberty, bwt dunia heran pd BALI. BALI The best,,,, krama bali tetap dukung pemerintah untuk GWK

  54. ayo donk… bangun GWK lebih indah lagi… blm jd aja uda keren, apa lagi ntar kalo uda jadi yaa…….
    .hemmmmmmmmmmmmmmm
    .bayangin yuk…
    .pst keren tuh….

  55. bali memang terkenal dengan exotisnya yang luar biasa
    apa lagi gwk akan menjadi patung tertinggi di dunia
    aku bangga dengan itu
    INDONESIA PUNYA . . .

  56. GWK Luar Biasa, Cermin kecerdasan bangsa Indonesia khususnya Orang Bali….Bali Ramah, Khusuk, Masyarakat yg patut diteladani!

  57. Terakhir saya ke Bali saya sempat mampir ke GWK, disana ada outbound permainan Segway dan ATV, asik juga trus nonton kecak gratis…Sayang patungnya ga jadi jadi…

  58. go INDONESIA jangan mw kalah dg patung liberty cetak rekor patung tertinggi di dunia..
    banggakan INDONESIA dengan karyamu Nyoman…

    1. pasti pantai kuta makin keren dech kalo ditambah dg itu kapan ya gwe bisa kesana puingiiiiiiiiiiiiiiiii dech cpt” nyusul kak indah kesana bwat liat semua yg adca di baliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *