Obyek Wisata

Pura Kehen

Pura Kehen merupakan pura terbesar dan sangat sakral di wilayah Bangli, terletak di pusat kota sekitar 1,5 km timur laut. Ribuan orang yang mengunjungi pura tua ini.

Dimana ditengah persawahan tampak penuh dengan wayang-wayangan. Diawal abad-11 pura ini dinyatakan sebagai negara pura oleh Sri Brahma kemuti Kutu.

Kehen berasal dari kata’kure’, yang berarti rumah tangga atau hati. Pura ini berada dibawah perlindungan Brahma, si Raja Api.
Seperti Besakih, Pura Kehen dibangun pada 8 tingkatan di lereng selatan bukit. Setiap tiga tingkatan utama dihubungkan pada satu diatasnya oleh tangga. Yaitu Jabaan, Jaba Tengah, dan Jeroan.

Ketika odalan pura dirayakan , tarian Rejang yang sakral ditampilkan. Upacara Nyusaba Bangli adalah odalan yang lebih besar. Jenis tarian yang langka ditampilkan di daerah Bangli termasuk Baris Presi ( 8 pria dengan perisai kulit ), Baris dadap ( pria dengan perisai terbuat dari kayu dadap ) dan Baris Jogor ( 8 pria dalam satu garis dengan tombak )

Tentang Penulis

kru tetap tdb. lulusan D1 teknik informatika yg cinta bali *halah di dalam organisasi tdb, asn merangkap bbrp jabatan sekaligus diantaranya founder, owner, manager, supervisor, employer, secretary, data entry, operator, web designer, web programmer, online marketing, satpam, office boy, tukang parkir, segala aya dah…

6 comments on “Pura Kehen

  1. kamu ngambil tulisannya darimana seh?kok kayak tulisannya bjorn grotting…kalo tariannya banyak yg keliru menuliskannya seperti baris jogor?=mungkin baris jojor kali yee atau baris presi…bukan dari kulit tuch kayaknya..tapi dari janur..

  2. Tulisannya banyak yang salah. Gak ada istilah Jabaan, tapi jaba sisi (luar) dan jab tengah. Yang benar bukan kemuti kutu, tapi Kunti Ketana. Perbaiki yach!

  3. aku udah pernah tinggal di kawasan ini selama 8 tahun… tolong kalo ngasi tulisan lengkap dikit apalagi tentang puranya yang unik di Candi Gelungnya kan ukirannya bagus trus ada kul-kul ditengah atas pohon beringin juga diceritain jangan cuma sejarahya aja ok

  4. Disamping itu pula Obyek Wisata Pura KEhen termasuk kawasan wisata religi. Sebelah Utara Pura Kehen Tterdapat perbukitan, dimana Pemda Bangli mulai mengembangkan kawasan Pura KEhen sebagai salah satu kawasan wisata religi. Disana akan dibangun sebuah pesraman, dimana pembangunannya sedang berlangsung. Coba bagi pembaca yang akan berkunjung ke Pura Kehen, anda sempatkan diri untuk naik keatas bukit Utara Pura Kehen. Disamping bisa melihat panorama alam yang indah anda juga akan merasakan pikiran yang tenang. Hal ini disebabkan lokasinya yang jauh dari keramaian dan suasana alamnya yang masih asri. Ya untuk lebih jelasnya bagi yang mau dateng kesini ayo nanti tak ajak berkeliling. Itu aja dulu ya. Moga pariwisata Bali kembali jaya. Om Santi, Santi, Santi Om.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *