Kuliner

Info Tempat Makan

Mini Burger

Berhubung banyaknya request untuk memberi lebih banyak info soal tempat makan di Denpasar dan sekitarnya, kita update2 lagi postingan terdahulu (ditulis skitar 2 tahun lalu hehe). Banyak yg berubah. Yg dulu enak sekarang payah. Yang dulu murah jadi mahal. Tapi ada juga yg membaik, plus beberapa tempat makan baru. Istilahnya “the rising warteg”, halah

Review ini khusus makanan umum yg relatif murah. Sumber dari pengalaman mencoba2 dari para kru tdb sendiri plus beberapa referensi. Bagi yg doyan steak bisa baca postingan kita terdahulu Steak Murah di Denpasar.

Nasi Jinggo

tersebar di seluruh Denpasar diatas jam 10 malem
Popularitasnya mulai memudar seiring waktu. Padahal 1-3 tahun lalu Nasi Jinggo merupakan cara makan paling murah meriah di Denpasar. Nasi jinggo tuh simple aja. Sekepal-dua kepal nasi dibungkus daun pisang dengan lauk ayam (atau sapi) dengan bumbu pedas seadanya, plus sambel yang tingkat kepedesannya bisa dipilih sendiri. Seorang cowo normal biasanya bisa ngabisin rata-rata 2-5 bungkus. Minumnya paling teh botol, air mineral ato kopi.

Dulu:
Semarak nasi jinggo memberi kesan “hidup” pada malam kota Denpasar. Buat yang begadang bikin tugas kuliah, pasti deh isi perutnya di dagang nasi jinggo yang adanya di emper2 toko ini. Dagang nasi jinggo juga lebih sering dipake nongkrong and ngobrol2 ama gank ampe pagi. Kesimpulannya, bisa ngilangin stress deh, udah terbukti ama crew tdb kok. he..he..

Yang heboh dari jinggo sebenernya bukan rasa, tapi suasana malem yang dingin plus ketawa2 gila bareng gank. Seru…, loe mesti cobain sekali2. Cukup bawa motor keliling2 pusat kota denpasar jam 10 malem keatas, kamu bisa nemuin ratusan dagang nasi jinggo tersebar di mana-mana

Sekarang:
Banyak pedagang nasi jinggo terlena dan pada akhirnya ga menjaga kualitas. Sambel mulai asal, gampang bikin diare. Nasinya kadang ga enak, karena beras mahal kale, jadinya pake RasKin. Pedagang laen memilih ‘menghemat’ ukuran, satu bungkus sebesar kepalan tangan cewe, halah… makan 6 bungkus juga masih kurang.

Ikan Bakar Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran (Kedonganan), 15 km Selatan denpasar, sekitar 5 km dari Kuta
Coba deh kamu menyusuri pantai jimbaran, kamu bakal nemuin ratusan resto seafood pinggir pantai. Menu utamanya, tentu aja Ikan Bakar! Disamping juga beberapa menu penunjang semacem sayuran tumis, sambel-sambelan and beberapa jenis gorengan. Kamu bisa pilih jenis ikannya sesuai selera (biasanya kakap).

Ciri khas tempat2 ini, kamu bisa manggang sendiri ikan kamu and bikin semacem prasmanan kecil-kecilan buat anggota rombongan kamu. Seru, secara manggangnya persis di pantainya. Yang demen pake meja-kursi bole pake yang ada. Kalopun ngga, silahkan lesehan di pasir sambil liat indahnya sunset ato jimbaran malam hari (banyak nelayan, ding..)

Tapi…ati2 neh ama bujet kamu. Makan disini berat diongkos! Ikan panggang satu bisa nyampe 80-150 rb (porsi berempat). Plus nasi and segala lauknya, total bisa ngabisin 200 rb-an untuk 4 orang. Maklum, yang dijual ngga cuma makanan, tapi suasana and atmospherenya.

Cak Asmo

Jl. Komodo & Jl. Teuku Umar – Denpasar
Salah satu yang masih populer di kota Denpasar. Menu mulai dari cap-cay, nasi goreng (ayam, spesial, sea-food dan masih ganyak variasi lagi), mie goreng and kuah, fuyung hay, bakso and semacemnya.

Yang perlu diinget, Cak Asmo di Jl. Komodo selalu penuh sepanjang hari. Padahal udah upgrade kapasitas, tapi pengunjung tetap membludak. Gue kalo mau beli bungkus bisa abis 2 cangkir kopi selagi nunggu pesanan kelar :( So kalo kamu pengen nyari yang namanya suasana, jangan disini deh. Sumpek and penuh asep. Parkiran juga penuh. Belon lagi aroma cabe tumis yang bisa bikin bersin ampe mabok. Yang lagi stress ato punya temperamen disarankan ga kesini, ketimbang nanti bikin rusuh :D

Update: sekarang dah buka warung baru di jalan utama kuliner, Jl. Teuku Umar. Tempatnya lebih lapang dan relatif lebih sepi, jadi enak juga buat ngobrol. Soal rasa, disini ok lah mengingat harganya yang relatif murah. Nasi goreng ato capcay skitar Rp. 10 – 14 rb seporsi. Dengan Rp. 50 rb udah bisa buat makan bedua sampe perut kembung.

Warung Nikmat

Jl. Bakung Sari, Kuta
Tempat makan favorit bagi para pekerja kantoran. Walopun letaknya di gang kelinci tapi siang2 jam istirahat selalu bejubel. Menunya masakan umum (Jawa?), ada ayam santan, ayam bumbu manis, sate bumbu manis dan bumbu kacang, telur bumbu manis, telur santan (dari tadi bumbu mulu) Kira2 menunya sperti tu lah.

Sesuai nama warungnya, masakan sini lumayan nikmat. Tapi dianjurkan ga kesini 7 hari berturut-turut. Dijamin bosen. Harga satu orang + minum antara Rp 10 – 20 rb. Biasanya warung ini dikunjungi oleh mereka yg mencari ‘halal’ dan murah.

Warung Krisna

Jl. Kutat Lestari, Sanur. Deket Jl. Danau Tempe
First of all, kalo kamu nyasar di daerah Sanur en kemudian bertanya sama orang, hindari yg berikut, “Danau Tempe dmana ya?” hehe Secara Danau Tempe adalah kawasan yang lebih ngetop dengan bisnis esek2

Warung Krisna adalah favorit kita saat ini. Menunya masakan khas Bali yg juga kompatible dengan kaum muslim. Ada ayam sisit dengan sambal bawang mentah, sayur urap/santan khas Bali dan semacamnya. Bangunan warung nya cool, miniatur sebuah bale banjar yg style Bali bgt. Banyak pohon jadi siang-siang tetep sejuk.

Review rasa: OK! Sebaiknya dateng sebelum jam makan siang berakhir (dibawah jam 2). Karena biasanya sangat laris dan cepat habis. Harga juga OK. Porsi standar + es jeruk, skitar Rp 15 rb. Recomended.

Warung Satria

Ada 3, Jl. Kedondong, Denpasar, lalu di Kuta dan di WR. Supratman
Menunya mirip2 Warung Krisna, hanya saja yg ini lebih mahal dan relatif lebih populer. Tapi jujur aja, gw ngerasa Warung Krisna lebih OK. abisnya ni warung mahal. Makan sendiri + minum antara 12-16rb (tahun 2005) Jadinya gw ga banyak kasi review deh hihi.

Warung Lesehan (Genteng Biru)

Sekitar Jl. Teuku Umar (ada beberapa biji) – Denpasar
Menurut pendapat gue pribadi, lesehan yang ini ngga beda2 jauh ama yang di Jogja. Pada gelar tiker and makan di lantai dengan meja kerdil. Menunya antara laen, cap-cay, fuyung hay, nasi goreng (biasa and seafood), mie goreng and kuah, dan sebangsanya.

Harga relatif mahal, karena suasananya lumayan asik buat ngobrol rame2. Asal jangan pas tempatnya penuh aja. Sumpek!  Ayam bakar sekitar 15 – 20 rb per porsi, ada juga nasi goreng, ikan gurami panggang ato koloke. Makan bedua sekitar 25 – 50 rb tergantung ukuran perut kamu.

Review rasa: sedang agak enak, skala 0-100 gue kasi nilai 75. O ya, mereka juga nyedia-in menu lokal semacem “plecing kangkung”, sambel tempe dsb. Liat sendiri deh, masa menunya mau gue ketik semua? Hanya buka malem hari, mulai jam 7 sampe jam 1-2 pagi.

Jangan lupa, warung lesehan ini ada beberapa biji dgn pemilik yg berbeda. Tiap warung punya ciri khas. jadi kalian gilir lah itu warung2 hehe

Warung Pacenongan

Jl. By Pass Sanur, di sekitar Jl. Bet Ngandang
Ok, gw pribadi baru beberapa kali kesini, jadi ga bisa review banyak. Bangunan warungnya sederhana cenderung payah. Agak dibawah standar untuk ukuran sebuah warung yg mayan ngetop. Udah gitu siang2 panas, secara cuma ada 2 biji kipas angin ukuran hemat.

Menu andalannya sea food. Gw smpet coba cumi greng tepung nya, mak nyos bgt. Gurih dan uenak. Spertinya pake resep chinese, secara bau rempah2nya kerasa banget. Nasi gorengnya, walopun porsi supir truk, ternyata juga mak nyos. Sesuatu yg tidak biasa mengingat biasanya kalo porsinya banyak itu rasanya ga enak.

Gw sudah hampir memberi nilai 9 untuk warung ini sampai saatnya bayar tiba. Nasi goreng 1 piring Rp 22 rb dan cumi goreng (juga sepiring) Rp 55 rb (semuanya harga tahun 2005 loh) My Gosh, emang kita lagi makan di Ku De Ta? MAHAL AMAT! At least untuk dekor warung sperti itu, agak keterlaluan neh harganya. Tekor deh.
Conclusion: Cocok buat yg pengen ENAK dan ga masalah dgn HARGA.

Warung Laennya

Kita masih terus update daftar ini, berhubung review diatas umurnya cukup tua jadi mungkin aja infonya udah kadaluwarsa. Rencananya kita akan tambahkan artikel dan review beberapa tempat makan yang lagi populer sekarang diantaranya:

  1. Warung M23
  2. Ayam Tulang Lunak Ny. Nita
  3. Nasi Tempong
  4. Mak Beng Sanur
  5. Kafe Teduh
  6. Mie Galang
  7. Mie Godog
  8. Bebek Peking
  9. Bakwan Surabaya
  10. Steak and Shake
  11. Sate Babi Arjuna
  12. Bubur Bang Yos
  13. Ayam Betutu Jl Merdeka
  14. Ayan Kadewatan (Bu Mangku)
  15. Bu Tinuk
  16. Plengkung
  17. Gudek Badak Agung
  18. Nasi Gandul
  19. Banyumasan
  20. Angkringan
  21. Sate Lilit Pakerisan
  22. Ketupat Setia Budi
  23. Bebek Wahidin
  24. Nury’s Ubud/Seminyak
  25. dll

Sabar ya reviewnya :)

Info Fast (aka JUNK) Food

Oke, bagi yang doyan and setia banget ama fast food (dan kolesterolnya), ini beberapa info dan tips buat kamu.

  1. KFC dan McD hampir selalu berdampingan dan ukurannya gede2 . Adanya di Perempatan Sanur, di simpang Matahari Duta Plaza, ada juga di perempatan Gatzu-Kebo Iwa, Supermarket Dharma, Kuta Square, Simpang Nakula Seminyak dan Gelael Kuta.
    Asn choose: KFC Gelael & McD Kebo Iwa
  2. Pizza Hut paling paling gede ada di Gatsu Timur. Di Ramayanan Bali Mall (ngga berapa gede) dan Libi juga OK, sayang jam 9.30 malem dah tutup ngikutin Mall. Ada lagi di Gatsu, Sunset Road dan yang paling baru di Jl. Diponegoro pusat kota, dari luar telihat romantis banget tapi belum pernah coba
    Asn choose: Pizza Hut Libi
  3. Burger King ada di Sunset Road Seminyak dan Discovery Mall Kuta
    Asn choose: BK Sunset Road
  4. J.C0 & BreadTalk selalu dampingan. Adanya di Denpasar Junction di simpang Diponegoro-Teuku Umar, Sunset Road Seminyak, Mall Galleria dan Discovery Mall
    Asn choose: Denpasar Junction

Semoga berguna bro. Bagi pembaca yg punya rekomendasi laen, silahkan kasi tau kami. Kita udah mulai tua dan ga gaul gitul oh. SELAMAT MAKAN!

Tentang Penulis

kru tetap tdb. lulusan D1 teknik informatika yg cinta bali *halah di dalam organisasi tdb, asn merangkap bbrp jabatan sekaligus diantaranya founder, owner, manager, supervisor, employer, secretary, data entry, operator, web designer, web programmer, online marketing, satpam, office boy, tukang parkir, segala aya dah…

70 comments on “Info Tempat Makan

  1. Paling enak rute jalan seharian tapi pake motor kmana aja ya?..trus kalomu makan ayam taliwang yang enak di bali atau Kuta dmana?

  2. tanggal 13 jun 2008 kmrn saya ke bali. saya baru coba ada makanan soto ayam ceker wuih……… enak banget. itu mesti di coba. trus ada yang blg tmpt mkn enak di depan supernova namanya nasi pedas,pas saya kesana ternyata hanya warung nasi biasa (klo dijakarta kya nasi warteg) tadinya sy pikir yg nmnya nasi pedas ya beras yg dimasak dgn cabe eh gak taunta cm warung nasi dgn lauk pauk + sambal. kya gitu mah jg byk dijkt,ngapain jauh2 mesti ke bali.

  3. Dessy, soto ayam ceker di daerah mana, nama jalannya dong. Aku mau ke Bali bulan Juli. Thanks yahhhh

  4. tlng dong info tempat penginapan di kuta, yang menengah kebawah tentunya. skalian tempat dapetin makanan n souvenirnya.. trims

  5. Makan di babi gulling chandra di denpasar dekat samping dunkin donut, asyik banget bro, sate babinya manis and bumbunya manyus, khas bumbu bali, makannya ama sop kuah panas wah tambah seru lo…gw liat di temboknya banyak comment dari mancanegara plus commentnya artis2 terkenal dari jakarta..cobain

  6. yang ditulis tadi itu harga2 tahun berapa ya,seperti warung krisna yang 7000-9000,sekarang 2009 apa mash kayak gitu.soalnya mhsw kami dari bdp mau berkunjung k bali, nanti bl juni 2009

  7. Waring Krisna….TOP BGt deh pokoknya :) ngangenin bener makan disana. Pengen balik n balik lagi.

  8. Kalau ke Kuta cobain makan di Hotel Kanti, sebelah Hotel Melasti dekat Hard Rock and lokasi bom Bali 2, (saya langganan berat, terakhir ke situ sih sudah pas bom meledug, mudah-mudahan tidak tutup gara-gara bom) Dengan belasan ribu bisa makan sate pentul babi, sayur, nasi, empal, sambal and tempe tahu yang enak. Nasi gorengnya juga enak. Pelayannya anak SMA pariwisata yang lagi praktek, tapi kokinya bener jago.

  9. oh iya gw tanggal 3-8 mau ke bali lagi nih…
    and yang ga akan pernah gw lupain adalah magic mushroomnya,wah klo gw kesana lagi harus gw cobain lagi tuh..murah kok satu kantongnya cuma 15000 perak,belinya di pasar kuta ya..
    lu pada coba deh emang pas klo bareng temen2,pacar,atau sapa aja deh,asal jangan sendiri! trus lu di pinggir pantai kuta malem2 nongkrong pake alas kaen bali sambil cekikikan…..manteb abiszzzz…..

  10. Ada tempat makan yang baru buka di Jl Raya kuta no 77 dekat Bali Bakery Resto. Nama warung “Dapoer Rumahku”…(spesial masakan rumahan) serasa makan kayak masakan rumah….Masakan nya enak banget, tempatnya bersih, juga dekat dengan Kuta….Wah gk rugi deh… kl ke Bali, hrs mampir….Apalagi menu “Sup Kepala Ikan Kuah Asam Pedas” rasanya….hhhhmmmmhmm uenak tenan…Dah asam, pedas & yummmy…..Apalagi kl dimakan pd saat malam.

  11. wah thx banget info nya nih.. minggu depan gw mau ke bali.. dan gw udah lupa bener2 lupa sama semua yang ada di bali. terakhir gw kesana gw SD :D.. kira2 ada info gak kl mau makan malam di tempat yang suasana nya enak dan romantis gitu hehe.. deket2 daerah kuta?

  12. Warung Buyani
    temapt nya di jalan pantai muaya jimbaran ( four sesion hotel) warung ini tempatnya nga begitu luas namun masakan nya di jamin yahut… nurah lagi/ porsinya sekitar rp 8000. maskan nya sepesial masakan jawa ama bali di campur jadi satu tapi nga usah risau cara membuatnya di pisah di jamin anda puas kantong tidak bolong selamat menikamati oh ya disana juga menerima pesanan..lho

  13. Sop ikan Mak-Beng sanur (mentok ujung) pinggir laut… gorengan ikan garing dengan kuah bening agak pedas.
    RAMEE bgt yg makan! per porsi 20 ribu-an (kalo gak salah)

    Ayam Betutu Gilimanuk di Renon-Denpasar (jalan apa itu namanya ya? dkt belokan TVRI – soalnya kost-an dulu di Moh.yamin 9) sepanjang jalan sana bnyk makanan jg (ada mie yogja, steak, bakso malang dll)

    Di Ubud ada Nuri’s Ribs (yg punya bule aussie) n Nachos (pas seblahnya) kynya di daerah sana agak mahal mknanya.

    Kalo yg pada di Jakarta mau makan ajah di Jimbaran Ancol resto.. Maknyusss bgt
    AUTHENTIC Balinese taste!!!! sambel matahnya hhm.. (cocok buat monthly weekend) krn masuk ke Ancol rugi cm buat makan doang!
    ke pasar deket RS. Sanglah juga ada makanan Sop sapi gitu (tp cm mlm bukanya)

  14. tanya nih, kalau bawa romb tour berapa harga makan sarapan pagi, makan siang kotak, makan malam prasmanan

  15. berhubung aq baru gabung neh, aq mw comment.aq muslim, banyak ga ceh tempat makan yg dijamin halal di bali tu???cz abangq pas pertama kali ksana, salah masuk warung, yah…ga jadi makan deh.

  16. saya mau meluruskan nama nasi jinggo, sekitar tahun 1980an ada pedagang nasi bungkus yang namanya jinggo ( nama pangilan sehari-hari , bukan nama asli ) nasi yang bliu jual sebenarnya untuk pedagang di sekitar pasar kumbasari tepatnya jln Gajah Mada, krn sambalnya pedas dan sesuai dengan selera masyarakat disekitarnya, sekitar taun 1990an nasi jinggo sangat terkenal di Denpasar, selanjutnya banyak masyarakat yang berjualan nasi bungkus pada malam hari yang memakai nama Jinggo,dan menunya jauh dari yg asli, adapun dari rasa sambalnya dan yang lain-lainnya. kometar saya ini hanya meluruskan saja, krn saya berlangganan nasi jinggo khususnya yang di Jln Gajah Mada Denpasar dari taun 1989, tks

  17. @mas agung gendut:
    klarifikasi aja, tulisan ini dan seluruh posting yg ada di website ini kami tulis sendiri dan tidak satu pun hasil copas dari web lain

  18. boss tu salah warung makan seafood nya donganan tu bukan jimbaran donganan kec kuta jimbaran kec kuta selatan jangan salah jimbaran sama donganan bukan satu kelurahan

    • thank you berat bos koreksinya, maklum saya bukan org kuta dan hal2 berbau kevamatan vs keluharan bgini ane paling oon. ntar saya telp dulu camat kuta untuk konfirmasi hehe

  19. jgn semuanya ke denpasar dunk, cb jalan-jalan ke kintamani lewat Kota Bangli (biar pada tahu, ada daerah “pedalaman” di balik kilaunya pulau wisata kelas internasional),he..he..he.. ada rumah makan Bagong, spesialis mujair danau Batur, bagi yg suka pedas ada bumbu nyat-nyat, lainnya bakar n goreng, trus pake sambal matah (mak nyusss…)
    dijamin halalan toyyiban, smp2 orang tua dari jawa ketagihan makannya, kl pas mudik yg ditanya ikannya bukan orangnya, tp sayang g bisa buat oleh2, karena harus langsung dimakan, silahkan nyoba yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *