Puri Anyar

Masih ingat Kerambitan kan? Nah salah satu tempat yang nggak boleh kamu lewati kalo kesana adalah Puri Anyar ini.

Puri (istana kecil) Anyar (baru) merupakan kediaman Anak Agung Ngurah Oka Silagunadha atau’Pak Ok’ dan Anak Agung Rai Giri Gunadhi atau’Pak Ra’. Beliau berdua adalah saudara kembar identik dan merupakan cucu dari raja terakhir puri. Pak Oka ini merupakan kepala keluarga puri karena beliau lahir berapa menit duluan dari Pak Rai.

Tanyakan kepada beliau siapa saja yang pernah berkunjung kesana. Tentunya beliau tidak akan mengingat nama gue, karena yaaa memang gue belum pernah kesana. Eerrrr..anyway, beliau akan menunjukkan sudut’selebrit’ dari ruang tamu puri. Disana terpajang foto King Hussein, Prince Bartiel of Sweden, Kurt Waldheim, Mick Jagger, David Bowie dan seorang penari kabuki terkenal. Sekali lagi nggak usah kamu cari foto gue disana karena si asn ydah membelinya dan melelangnya di situs ini.
Kembali ke bisnis, di puri ini’jug’ banyak menyimpan benda-benda seni dan bahkan ada yang keramat. Seperti koleksi keris, topeng keramat, koleksi alat-alat musik tradisional dan bale gong (semacam pentas, tepatnya tempat untuk menyimpan gong=gamelan dan memainkannya). Di sebelah kanan pintu masuk kamu akan menjumpai tempat suci puri yang dihiasi dengan keramik Belanda dan Cina. Dan disini terdapat sebuah delft biru (sebutan barang pecah belah buatan Delft) dari jaman Napoleon. Tampak jelas gambar Napoleon Bonaparte (bukan babe gue) diatas kuda tunggangannya.

Tektekan sebenarnya bukan merupakan tarian, tapi lebih tepat merupakan orkestra tradisional dimana para pria memakai kalung sapi, tentu saja di leher, dan membawa semacam kentungan dari bambu. Menurut kepercayaan Tektekan ini dilakukan masyarakat setempat untuk mengusir roh-roh jahat yang menyebabkan kekeringan dan wabah penyakit.

Sekarang ini Tektekan diadakan setahun sekali yaitu sehari sebelum Tahun Baru Hindu (Nyepi) berupa arak-arakan keliling desa. Dibeberapa daerah kegiatan ini melibatkan ogoh-ogoh sehingga lebih dikenal dengan ogoh-ogoh. Hmmm..jangan bingung dulu. Dan, tektekan ini juga diadakan apabila raja memerintahkan untuk menyambut tamu. Jadi kalo ada rombongan wisatawan (biasanya macanegara) datang ke Kerambitan (bakal mengunjungi daerah puri) maka Tektekan ini akan diadakan, juga. Jadi,..hmmm..kegiatan yang dulu diadakan untuk mengusir kekeringan dan penyakit sekarang diadakan untuk menyambut tamu sehingga baik tamu maupun tuan rumah dan sekitarnya terbebas dari dua hal tadi. So, nggak cuman demi profit.

Masih banyak kegiatan dan hal unik lainnya di puri, dan baiknya kalo kamu nyaksii n sendiri deh.

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

15 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
nanik
nanik
19 years ago

Puri Kerambitan? Bener-bener pariwisata budaya. Salut banget deh sama programnya. Seakan bagai raja deh dibuat disana. Bagi yang belum pernah, coba aja ya. Tapi hati-hati ntar kerasukan. hi…….

naomi
naomi
19 years ago

menurut saya knapa gak plus smua pernak- pernik di bali kayak rumah adat,alat musik and pakaian adat coz i think tha’s more complit but gw dah pernah ke bali tapi gak begitu tau banget soal bali jadi yach more information.OK

jo-cute
jo-cute
18 years ago

kalo bisa yang lebih lengkap dan ada gambar-gambar yang banyak, jangan tulisan doank!!!!

borin
18 years ago

kok gambarnya belum ada sih http homepagenya puri anyer emang elum di usahain sih gua jadi dimarahin sama guru gua nih

Raja Muda Kuno
18 years ago

L.S.;

Who can give me more info and eventual picture of the present dynastychief of Kerambitan(and maybe of his predecessors).Costs will be reimbursed.
Thnk you very much for your help.
Hormat saya:
D.P. Tick gelar Raja Muda Kuno
secretary Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia "Pusaka"

Purna
Purna
18 years ago

Sekedar tambahan, tektekan itu para penarinya kerasukan, terus saling tusuk dengan keris. Ngomong-ngomong aku sering nonton tektekan di Puri Kerambitan dibawah pohon beringin.

fia
fia
18 years ago

gambarnya banyakin dong…. truz gambar-gambar alat musik indonesianya ya……

imoet
imoet
18 years ago

duch,basi bgt sich tulisan doank,khan jg perlu gambar2 ny!!!!!!!!!!!!!!

JABLAY MAHAKAM
JABLAY MAHAKAM
18 years ago

TAI LO,GW BTH GAMBARNYA SEKARANG KONTOL

raden faizal
raden faizal
18 years ago

mana gambarnya..sebetulnya sya ingin melihat keris2nye itu..tolong ya..
( from malaysian )

rizky
rizky
15 years ago

basy banget gitu loch, mana gambarnya??????? basi aku ngaak mau buka situs ini kalau nggak dikasih gambar……..

andini wiswarani
andini wiswarani
15 years ago

Puri Anyar Kerambitan?

woww…

putri
15 years ago

yes akyu sering lewat sono,

Yayan
Yayan
14 years ago

setau saya sebagai tambahan ya, tektekan itu pentas tari barong dengan lakon calonarang, dengan iringan gambelam kentungan bambu (kulkul)yang di pukul2(nektek).
untuk para pria memakai kalung sapi dinamakan Seni OKOKAN.dan
untuk “masyarakat setempat untuk mengusir roh-roh jahat yang menyebabkan kekeringan dan wabah penyakit” di tempat saya dinamakan NGELAWANG
saya sering nonton kok, 15 meter dari rumah saya ke arah timur
terimakasih……

Yayan
Yayan
14 years ago

tambahan lg…
kata juru sunggi (penari rangda), jika pementasan tektekan dilaksanakan di pura,saat rangda mencari patih yang menggunakan keris untuk menusuk rangda(NGELUKAR)memang dalam keadaan tidak sadar.
dikatakan juga dengan mantra dari juru sunggi para penari akan kebal temporari…
hal ini ada beberapa jenis. ada yang kebal jika di pegang oleh rangda, dan level yang lebih tinggi kebal sementara tanpa di pegang oleh rangda.
jika tektekan dalam pementasan untuk wisatawan, unsur magis dari mantranya dikurangi dan selebihnya adalah pentas seni…
kata juru sunggi “mangku arya” yang saya tanya lho
saya ada fotonya videonya jg ada… gemana cara nge-sharenya ya???

15
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x