Kerambitan

Kata kerambitan berasal dari bahasa Sanskerta karawitan yang artinya seni, musik dan tari. Well, no hip metal or sort after all. Anyway, kebayang kan keunikan nya. Makanya begitu ada upacara di daerah ini bergegaslah ke sana. Di jamin kamu akan menjumpai sesuatu yang lebih unik di banding daerah lain. Sayang di sini susah mencari losmen yang murah padahal daerah ini merupakan pusat terdekat untuk mencapai Tanah Lot, Mengwi, Gunung Batukaru, Pejaten, Alas Kedaton dan Bedugul.

Daerah di terkenal karena kesusastraan klasik mereka, Tari Legong, lukisan bertemakan wayang, ukiran baik batu maupun kayu dan tektekan (semacam orkestra tradisional) yang dipercaya mempunyai kekuatan magis. Di tempat ini juga msih terdapat bangunan-bangunan kuno dari abad ke 17. Bagunan tersebut berupa semacam istana yang oleh masyarakat setempat disebut puri, Puri Gede dan Puri Anyar. Juga terdapat sebuah pura dari jaman neolithicus yaitu Pura Ulun Desa, kamu bisa bertanya jalan pada penduduk di sana, mereka ramah kok.
Satu km sebelah barat Kerambitan terdapat Desa Tista yang terkenal dengan tarian Legong Legong Leko, yaitu tarian legong yang hanya terdapat di daerah Tabanan. Dua km selatan Kerambitan terdapat Desa Panarukan yang terkenal sebagai desa para pemahat. Ukiran kayu maupun patung dari pahatan batu bisa kamu temui disini. Belom puas? Kamu bisa mengikuti jalan ke arah barat daya dari Kerambitan. Sembilan km kemudian kamu akan tiba di Pantai Pasut dengan hamparan pasir hitamnya. Apabila kamu berjalan sepanjang 20 km ke arah tenggara kamu akan tiba di Tanah Lot. Cool huh.

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

11 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
jimmy Joshua
jimmy Joshua
19 years ago

Maaf kalo saya tidak menanggapi,saya ingin mohon bantuan info tentang pengerajin bali yg butuh kayu ebony.saya siap untuk menyuplai.surat-surat resmi dan aman.kayu ini sudah agak langka dan mahal.info lbh jelas:jimmy_joe@excite.com/0815-777-1010.saya ada di semarang.terima kasih

shanty
shanty
19 years ago

btw, walau aku orang kerambitan, batu tau ada tari legong leko di tista.

Purna
Purna
19 years ago

Mungkin di Banjar Carik nggak?

gisha
gisha
18 years ago

ulas lebih banyak tentang tari legong ya….
dah lumayan bisa dinikmati koq..=)

gisha
gisha
18 years ago

ulas lebih banyak tentang tari legong ya….
dah lumayan bisa dinikmati koq..=)

asn
asn
18 years ago

tmpat ini ga akan terlupakan buat gw. karena disini lah gwe pertama kali jatuh naek motor hiks…

ketut
18 years ago

memang di daerah itu banyak terdapat pengerajin dan daerah itu udah banyak di kenal oleh orang lokal di bali, kalau mengunjungi kerambitan sebaiknya sewa supir karena daerah yg agak masuk pedesaan di wilayah tabanan.

selamat menjelajah

chimot
chimot
16 years ago

siapa bilang . kerambitan pedesaan . sekarang uda rada rada jadi kota coy.

LEPHEN PURWANTO
LEPHEN PURWANTO
15 years ago

Puri Agung Kerambitan merupakan puri yang besar dengan luas 2 Ha dan masih terjaga kelestariannya. Raja Anak Agung Ngutrah Anom Mayun maih berkuasa dan berumur 83 tahun. sejak sala bersahabat dengan Bung Karno (1960-1966, karena Anak Agung mengantar misi kesenian di Istana Negara.
Kesenian untuk pewisata yang terkenal teater Calonarang Tetekan yang masih sakral. Ngeri kalau melihatnya. Tapi itulah kehebatan teater Indonesia : bermagis dan dramatis.

Sayang kalu Puri Agung Kerambitan tidak dilestarikan dan Pemda Tabanan dan Pemda Pro Bali semestinya membantu dan menjaga peninggalan pusaka tersbeut.

LEPHEN
LEPHEN
14 years ago

Kerambitan adalah istana yang indah dan otentik Puri Bali. Sayang perhatian pemda dan pemerintah kurang untuk pemugaran dan pemberdayaan bagi keberlanjutan tradisi serta budayanya.

emi imot
emi imot
13 years ago

Di Kerambitan banyak juga lo aq tau tentang memahat patung dari batu?

11
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x