Kuburan Jayaprana

Satu legenda bekennya orang bali adalah cerita Jayaprana. Kalo kamu demen ngedengerin cerita-cerita rakyat, kamu pasti pernah denger kisah Jayaprana ini. Menurut legenda Bali, Jayaprana adalah seorang prajurit kepercayaan dari Raja Bali Anak Agung Gde Murka.

Nah, kebetulan sekali, istri Jayaprana ini cantik banget, namanya Layon Sari. Karena ternyata si raja ini demen ama Layon Sari, akhirnya dikirimlah si Jayaprana ke Teluk Terima membantai para pembajak. Tapi, kenyataannya, dia lalu dibunuh ama mentri raja, atas perintah si raja. Waktu tahu suaminya meninggal, Layon Sari lalu bunuh diri.
Legenda ini lalu disakralkan oleh masyarakat Bali. Ceritanya ini adalah romeo-julietnya Bali. Dan ampe sekarang kuburan mereka berdua diabadikan dan dibuatkan tempat pemujaan. Sedih euy,�hiks!

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

12 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ariani
ariani
19 years ago

jayaprana,merupakan legenda rakyat bali.
tapi juga sebuah fakta,kejadian yang pernah terjadi dimasa lampau.

sesuatu yang dipandang sakral,dalam agama hindu.dan merupakan kepercayaan,yang udah turun temurun.

kenneth
kenneth
19 years ago

kuburan jayaprana merupakan tempat yang bagus banget, disana kita bisa melihat pemandangan yang keren, monyet-monyet yang lucu, dan lain sebagainya. pas banget deh kalo dijadikan tempat liburan.

sudana
sudana
18 years ago

Menjawab tulisan mbak ariani, bukan disakralkan oleh umat Hindu, tapi oleh masyarakat Bali khususnya di Buleleng.

sudana
sudana
18 years ago

Menjawab tulisan mbak ariani, bukan disakralkan oleh umat Hindu, tapi oleh masyarakat Bali khususnya di Buleleng.

acix
acix
18 years ago

oi!!!kalo bikin webtu jangan setengah2 gie…lagi pingin berfilsafat ris alnya…n satu lagi tu foto kapan datengnya? kok menyusul barti ada tanggal mainnya donk..Oia gini aja khusus buat yang buat web ini kalo gak ada fotonya fot sapa aja bole..asal enak diliat…he….

garen
garen
18 years ago

oui!!!!! fot’a mana? cerit’a kurang menditail!!! asal muasal org ga ketauan gituuuuuu!!!!!!!!

mery
18 years ago

pengen ke sana nih

putu
putu
17 years ago

kalo ke lokasi pura jayaprana gak usah pake sendal berhak tinggi ya…soalnya jalan menuju ke sana tinggi banget. en kalo sempat, coba deh kunjungi tempat2 yang pernah dilalui jayaprana. dari pura utama, kita turun bukit sampai di dasar lembah. nah sepanjang perjalanan itu ada beberapa pura yang akan kita lalui.seger banget ketika kamu tiba di pura tempat sebuah sumur yang disakralkan. disana kita bisa sembahyang sambil istirahat nunas toya suci (segeeerrr deh).

tien
tien
16 years ago

disana tu….kayak hutan,bukan kayak hutan lagi tapi emank hutan beneran kok. Btw kalo km pengen kesana jangan ma pacar ya,krena kata mitos hubungan kalian bisa berantkan.itu sie mitos,ya….percaya ga prcya.tp bwt yang gi jomblo wajib tuh kesana alna kl km ketemu cewk disana poastiiiiiiiiiiiiii bakal langgeng,

widya
14 years ago

Qt orG bALi…
tp qT BAru taO Lho SOal lEGEnda tUw…
heHEehe

komang wirya
komang wirya
14 years ago

sy tau cerita jayaprana ,sy terharu ketika di filmkan. skedar usulan kalo diweb isiin vidio cerita jayaprana pasti seru!

dek ani
dek ani
12 years ago

cerita bali ini di kenal semua rakyat bali tapi sayang … sekali saya tidak pernah tau dmn letak kuburan jayaprana …
🙁

12
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x