Desa Celuk

Pusat kerajinan emas dan perak di kabupaten Gianyar yang terkenal selain Batubulan adalah Celuk. Hasil kerajinan emas dan perak disini bermutu tinggi serta asli buatan tangan pengrajin yang paham betul cara pembuatannya. Wayan Kardana dan Wayan Kawi merupakan dua pengrajin yang solid dan mempunyai keahlian khusus.

Sedikitnya 1.700 s/d 2.500 pengrajin yang bertahan hidup hanya mengandalkan kemampuannya membuat barang-barang kerajinan emas dan perak di Celuk. Keahlian ini diperoleh turun temurun dari orang tuanya.

Di bagian selatan kota, ada transakasi khusus yang dilakukan dan patokan harga biasanya memakai US Dollar serta menerima kartu kredit. Jika pengen yang lebih murah, datang saja ke kios-kios yang lebih kecil yang terletak dibagian belakang desa. Kalo kebetulan kamu datang dari Sukawati dan pengen main kesini, kamu tinggal belok kiri ngikutin petunjuk jalan dan masuk gang. Simple, kok ! Kamu bakalan ketemu kios-kios yang menjual kerajinan emas dan perak. Harganya relatif lebih murah, tetapi kualitasnya nggak kalah. Mereka juga mau menerima pesanan dengan motif modern maupun motif lainnya. Mereka juga menawarkan desain kontemporer ala Amrik dan Eropa. Dalam hal bekerja, ada pembagian tugas. Para pengrajin rata-rata berjumlah 35 orang.

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

14 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Dhanny
18 years ago

Wah… bener bange4t celuk adalah gudangnya kerajinan perak atawa emas, buanyak banget n seni pisan, bagus-bagus… cobain deh dateng klo mau perhiasan yang bagus sedikit mudah nah disini tempatnya…..

SIER

gasik
gasik
18 years ago

kualitasnya bagus,harganya terjangkau.gw pernah kesana, waktu gw studi wisata kesana dan melihat hasil kerajinan perak di celug.kerajinan peraknya sanagat halus dan menarik hati.

sandhi
sandhi
18 years ago

Klo mo pada nyari perak di celuk aku ada teme yan buat langsung so pasti atuhnya lebih mura ari di toko n bisa mesen mdelnya sendiri ato mo ngukir namaama yayangnya juga bisa selain it klo mo mae k celuk bagi ang punya modal pas pasan mending beli peraknya langsung dipasar seni sukawati ato pasar seni guwang yang bau dibuka harganya jauh lebih murah koq n jaminan mutu sama bagusnya

guruh
18 years ago

gimana kalou gambar model2 cicin itu bisa di eksplore ke kalangan2 yang berminat .. apalagi bisa buat majalah yang terbit 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali … kayaknya oke.

alfe
alfe
18 years ago

kerajinan perak di celuk tu bagus& keren bgt. Q pernah ke sana waktu sekolahku ngadain study tour, harganya ga mahal& kualitasnya bagus.

mangbadung
mangbadung
18 years ago

Kayaknya peluang nih bli admin!! kenapa gak buat e-commerce aja, ntar jual barang2 yang diminati sama pengunjung web ini!!

han han
han han
18 years ago

saya seorang yang memasak perak dari foto, saya ingin tahu berapakah harga perak disini dan apakah saya bisa memasok perak kedaerah anda?

awan
13 years ago
Reply to  han han

ajarin donk gmana caranya masak perak

cyprytz
cyprytz
18 years ago

pengen liat foto2 cotoh cincin+glangnya dunx!!skalian ma harganya jg,,lbih ok klo bisa pesen langsung skalian!! ^_^

will
will
17 years ago

Nggak Akurat

-aNdRik-
17 years ago

oiii…eperibade..kalau kalian emang suka perhiasan perak,apalagi yang hand made aku punya stok banyak.malahan kerajinan perak yang ada di bali itu juga pesen dari tempatku.kalu mau contoh dan model plus harga email aj ke aku.

tiwi
tiwi
17 years ago

celuluk emang indah tempat cari ker.per.yg top.

Wempy
Wempy
12 years ago

Bisa minta bantuannya, bagaimana cara membersihkan perhiasan Perak.
Dulu kalau tidak salah Desember 2005 ( 1 bulan setelah Bom Bali legian ) saya membeli Hiasan perak asli hasil kerajinan dari Bali, Saat ini kondisinya sebagian terkena korosi udara ( hitam, awalnya putih ).
Nb. Peraknya berwarna putih sekali, apa itu di lapisi oleh pewarna khusus atau memang warna aslinya perak seperti itu .
Tq Atas bantuannya.

indah atmojo
indah atmojo
11 years ago

celuk…… bali bali pengen kesana lage

14
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x