Desa Bedulu

Sebuah desa indah yang nggak kalah dengan Batubulan, dapat kamu temuin di sebelah selatannya Pejeng dan mayoritas penduduknya adalah petani. Bedulu namanya,dan jauhnya kira-kira 26 km dari Denpasar. Jika kamu berangkat dari Ubud e’ nyampek di Teges, kamu mesti naik bemo dan lewat route Goa Gajah.

Jaman dulu, Bedulu merupakan sebuah kerajaan kuat yang merupakan bagian dari Pejeng. Penguasa terakhir kerajaan Bedulu menentang invasi kerajaan Majapahit pada tahun 1343. Sesudah invasi ini, tatanan agama Hindu mengalami kemajuan dan diiringi dengan sistim cocok tanam yang baru (th.1515)
Sebelum Majapahit mengadakan invasi, raja Sri Aji Asura Bumibanten merupakan raja Bedulu yang sakti mandraguna dan mempunyai daya supranatural tinggi. Beliau mempunyai kesaktian unik, yaitu memotong leher hingga putus dan mampu menyambungnya kembali tanpa bekas luka.

Pada suatu hari, ketika beliau menunjukkan kesaktian ini, terjadilah petaka. Kepala Sang Prabu yang lepas dari badannya jatuh ke dalam sungai dan hanyut. Para pembantunya panik dan mengganti kepala Sang Prabu dengan kepala? BABI HUTAN!! Akibatnya beliau malu dan melarang siapapun untuk melihatnya. Akhirnya seorang anak mengetahui rahasia ini dan sejak saat itu rakyatnya menjuluki beliau’Dalem Bedul’ yang berarti “beliau yang telah berganti kepala”. Ada pendapat lain bahwa Bedulu berasal dari kata’bedaul’ yang berarti “ke hulu”.

Sekitar 100 m ke barat dari jalan utama, terdapat Pura Samuan Tiga yang awalnya dibangun oleh Mpu Kuturan. Selama pemerintahan Raja Udayana dan Ratu Darmapatni (988-1011), banyak sekte keagamaan dan aliran kepercayaan berkembang di Bali dan masing-masing mempunyai ciri yang khas. Akibatnya tatanan kehidupan beragama kacau serta situasi menjadi tak terkendali. Oleh karena itu, enam Rsi berkumpul di pura ini dan menyusun prinsip-prinsip agama Hindu serta mempersatukan semua sekte. Selain itu dibentuk pula desa adat, yang masih eksis sampai saat ini.

Salah satu dari lima museum Arkeologi yang ada di Bali, terletak kira-kira 2 km ke utara Bedulu. Di sana ada artefak-artefak kebudayaan pra Hindu serta relief purbakala yang nggak bakalan kamu temuin di tempat lain. Ada juga sarkofagus bulat yang berisi relief manusia dan kura-kura dan dipergunakan sebagai peti mayat. Jika kamu ingin baca-baca, di sana ada perpustakaan kecil dan museum buka dari hari Senin-Kamis (pkl.07.00-14.00), Jumat buka sampai pkl. 13.00 dan Sabtu sampai pkl. 12.30 WITA.

Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

13 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
eka aja deh
17 years ago

bedulu mnarik banget ceweknya jg caem", gue jatuh cinta ma satu gadis bedulu, dia sering bilang gue brandes dulu yang artinya berandal desa yang ampe skrng gue pake nama email gue,
i still love you

I MADE SUBRATA,SE
I MADE SUBRATA,SE
17 years ago

STL DIBACA TULISAN DIATAS EMANG ADA BENARNYA, TETAPI KALAU INGIN MENGETAHUI SEJARAH DAN ADAT ISTIADAT DI DESA TSB ANDA HARUS LEBIH BANYAK MENGGALI DAN BILA PURLU BERTANYA KEPADA LELINGSIR DI SANA. APAKAH BENAR ADA SEPERTI ITU ATAU HANYA CERITA BELANGKAN. SAYA SANGAT TERTARIK DENGAN TULISAN DIATAS MOHON BERIKAN YANG LEBIH DETAIL. SUKSMA

Ketut
17 years ago

Bedulu adalah tempat yag sangat bersejarah dan memang tempatnya ibukota kerajaan bali zaman dulu yang masih meninggalkan banyak tempat bersejarah seperti goa gajah, pura samuan tigayag merupakan pura terbesar di kabupaten Gianyar, yeh pulu yg selalu di cari ama turis jerman dan belanda yg suka ama sejarah.

Banyak yg ingin melihat kelokasi langsung pura pura kuno itu, dengan menyewa Bali driver bisa deh nyampe ke sana dan di antar sampe ke pelosok sekali.

komang B.B
komang B.B
17 years ago

kebetulan saya dari bedulu.
ada beberapa objek wisata yang ada didesa bedulu: goa gajah, yeh pulu,pura samuan tiga.
tolong kl bisa nnti muat ya…tentang obyek diatas.
Suksma.

inay
17 years ago

Gue pernah trekking di Bedulu Village, emang bener sih alamnya indah en penduduk localnya juga polite banget. Gue trekking dari Yeh Pulu releif ampe Goa Gajah, wah cape banget tapi mengesankan! Masyarakat local disana masih banyak yg mandi dipancuran kebun gitu deh, so awas yg punya hobby ngintip orang mandi gue gak advise untuk ikutan trekking deh..

Gue punya temen asli situ, dia baek banget en terkadang jadi sumber inspirasi gue dalam berkarya, orangnya masih lugu en menarik gitu deh!

Alex
Alex
16 years ago

Gw rencana mau jalan2 ke Bali dan sekalian mau photo shooting, sebagai portfolio, ada yang bisa bantu di daerah Bali mana objek2 yang bisa di jadikan sebagai objek foto saya? Daerah mana saja dan kalo bisa info tempat tinggal murah..

thks

kaseh
kaseh
15 years ago

di bedulu juga ada obyek wisata yang ramai di kunjungi oleh turis mancanegara yang tidak kalah menarik dengan yang lain yaitu : goa gajah terletak antara perbatasan desa bedulu dengan teges, ubud kurang lebih 15 menit dari ubud.

kaseh
kaseh
15 years ago

eh boleh tau gak alamat emailnya inay, trus kalo ketut yang ngaku dari bedulu kamu dari bedulu desa mana. kalu da yang mo kenal nih bisa di hub adjie_kaseh@yahoo.co.id online sampe puaaassssss pasti di bales dhehhh

welly
15 years ago

Lucu juga ceritanya. Bedulu ini merupakan objek wisata atau bukan? Maksudnya, ada fasilitas2 penunjuang untuk dijadikan objeck wisata gak? kaya hotel, tempat makan, etc.

yuliana
yuliana
15 years ago

Sory, di Bali itu adanya Bedulu atau Bedugul ato ada dua2nya?
Kalau Bedulu yang daerahnya kayak puncak nggak?
Dingin gitu? Gw pernah ke sana sekali-kalinya dan itu jam 5 pagi gw harus pake baju 3 rangkap plus satu celana jeans karena di sana dingin.
Belum bukan? tolong kasih info ya…
Thanx

bedulu
bedulu
13 years ago

bedulu adalah tempat yang bersejarah .benar seperti cerita yang ditulis ,
dan bedulu banyak mempunyai pure kono jaman pra sejarah.ada banyak lagi lain yang pasti menarik

lekock chibakock
12 years ago

CERITA DI ATAS DONGENG BELAKA…JANGAN BOONGI DG DONGENG SEKADAR CARI SENSASI, BOS….. BEDAHULU ITU SEBUTAN DARI GAJAH MADA KRN UPAYANYA MENJAJAH NUSANTARA TAK MAMPU MENUNDUK KERAJAAN SRI RATNA BUMI BANTEN. KRNA DINILAI BERBEDA DG MAJAPAHIT…MAKA DISEBUT BEDA (BERBEDA) DAN hULU (RAJA YG DIMAKSUD MAJAPAHIT).
PURA SAMUANTIGA TELAH ADA SBLUM DATANGNYA MPU KUTURAN DI ABAD KE-10, TP KMD DISBT SAMUANTIGA, KRNA TERPILIH DARI BERBAGAI PANDANGN NYATA DAN SUPRANATURAL POSITIF. TRMASUK SAAT PAK HARTO LOKASI ITU DIPILIH SBG LOKASI MANDALA WISATA DI AWAL TH 1970 SBG CIKAL BAKAL PENGEMBANGAN PARIWISATA NUSNTARA. BEGICUUUUUUUUUU……….TP KINI TERABAIKAN KRNA PEMIMPIN GINYAR ASAL UBUD TAKUT AKAN DITINGGALKAN BEDAHULU. KRNA ITU SEKALIAN BEDULU DIABAIKAN………

Asn
Asn
12 years ago

ok, 1st of all thanks atas koreksinya serta tambahan cerita versi aslinya. cerita diatas, terutama tentang sang prabu memang mitos belaka, sama seperti halnya cerita malin kundang, tangkuban perahu dll. tapi jangan menuduh kita cari sensasi dong bos. hari gini cari sensasi dgn cerita manusia ganti kepala babi hutan sapa jg yg percaya 😀

kedua, kami menerima segala bentuk komen en koreksi kalo ada kesalahan, tp tanpa caps lock pun kami tetep bisa liat kok 🙂
sekali lagi thanks atas koreksinya, kita akan coba perbaiki artikelnya secara bertahap biar ga salah tafsir lg.

13
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x