Obyek Wisata

Penelokan

Penelokan

Penelokan secara harfiah berarti ‘tempat untuk melihat’. Lokasinya kira-kira 56 km utara Denpasar. Daerahnya dingin dengan ketinggian 1450 m terkesan seperti desa suci terkadang dengan asap vulkanik dari Gunung Batur dan Danau Batur, sumber air yang diperlukan mengalir untuk kebutuhan lahan pertanian Bali selatan.

Datanglah kesini sekitar pukul 08.00 atau 09.00 sebelum awan bergerak maju. Masih lebih baik jika anda bangun lebih awal untuk melihat matahari terbit. Pada bulan Agustus dan September matahari sudah terlalu tinggi, bergerak ke puncak tengah gunung, tapi pada bulan Juni dan Juli, matahari berada di kiri puncak gunung dengan warna kuning keemasan. Pada malam hari anda dapat melihat bulan berlayar menuju gunung.

Pedagang buah-buahan di seberang jalan menuju Kedisan menjual jeruk dan buah-buahan eksotik lainnya. Yang menarik adalah mengendarai sepeda sampai ke Penelokan lalu turun menyusuri jalan selatan.

Di hutan yang berdataran tinggi, ada desa Bali Aga yaitu Selulung, batukaang dan Catur. Anda dapat melihat monumen peninggalan pra-hindu primitif yang tertutup patung batu, piramida megalith kecil bermotif Polynesian.

Lokasi Penelokan

 

Tentang Penulis

kru tetap tdb. lulusan D1 teknik informatika yg cinta bali *halah di dalam organisasi tdb, asn merangkap bbrp jabatan sekaligus diantaranya founder, owner, manager, supervisor, employer, secretary, data entry, operator, web designer, web programmer, online marketing, satpam, office boy, tukang parkir, segala aya dah…

  • resha_andria

    pt4 yg asyik
    t4 aku nyari inspirasi kl lg suntuk
    t4 aku ngelamun
    t4 aku selingkuh(ga ding)

  • sel

    penelokan??? kemaren waktu ada tour ke bali ma skolaan, g k sana makan siang..

    tempat nya enak banget, sejuk, n pemandangan nya juga indah banget… asik lah tempatnya…

  • amalia

    Hei.. sobat
    Gue pernah naik sepeda gunung ruame – ruame lho di Bali.
    ceritanya gue kan pengen tau Bali yang sebenernya, gimana sih?
    singkat cerita gue ikutan deh…..
    Kebetulan bersepedanya start kintamani, dari situ gue bisa nikmatin pemandangan yang wah, wah, wah… lho, lho pade bisa nggak pingen pulang lho….
    terus gue naik sepeda turun gunung asiiiiik banget. cerita, cerita bisa panjang banget nih. by the way, kalo lho, lho pade pengen tau lebih and lebih….

    looooove deh Bali cobadeh lihatin sini!!!!!

  • http://www.eksplor.net welly

    Gw liat di flickr sih kayanya bagus nih pemandangannya.

  • http://www.eksplor.net welly

    Panelokan sama gak sih dengan kintamani?

  • Pingback: Pura Ulun Danu Batur | Tour de Bali – Artikel Wisata dan Galeri Foto Bali()